LAZIS-NU dan Alfamart Gandeng Plasticpay Gulirkan Sedekah Sampah

Jum'at, 06 Maret 2020 - 17:53 WIB
LAZIS-NU dan Alfamart Gandeng Plasticpay Gulirkan Sedekah Sampah
LAZIS-NU dan Alfamart Gandeng Plasticpay Gulirkan Sedekah Sampah
A A A
JAKARTA - Plasticpay bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZIS-NU) dan jaringan toko ritel Alfamart meluncurkan program sedekah sampah di Pondok Pesantren Miftahul Khaer, Kampung Babakan, Sukabakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten.

Melalui program pemberdayaan kesadaran kebersihan lingkungan hidup dan gaya hidup sehat ini, LAZIS-NU dan Alfamart mengajak semua masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah botol plastik.

Untuk mendukung program ini, Plasticpay akan menyediakan dropbox-dropbox atau kotak sampah di setiap pondok pesantren dan masjid-masjid di bawah naungan NU.

“Dengan turut berpartisipasi dalam program ini, berarti kita telah melakukan sedekah jariyah untuk pembangunan dan kesejahteraan masjid dan pondok pesantren, dan juga telah ikut andil dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah botol plastik,” ujar Chief Executif Officer (CEO) Plasticpay Suhendra Setiadi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/3/2020).

Plasticpay selanjutnya akan memastikan sampah botol plastik yang terkumpul itu, akan sampai ke penampung dan pengolah sampah (recycler), yang kemudian akan diolah menjadi barang-barang daur ulang bermanfaat, seperti batal, guling, sarung bantal, sarung guling, fiber, geotextile, dan lain-lainnya.

Public Relations Specialist Alfamart Debby Citra Amelia yang merupakan mitra program Plasticpay menambahkan, pihaknya selama ini juga sudah mendistribusikan dropbox Plasticpay di beberapa gerai Alfamart dan Alfamidi di Jakarta, Alam Sutera, Imam Bonjol, Panarub, dan Cadas Kukun.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat kita bisa menjadi lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan mampu mengurangi jumlah sampah, dengan mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang-barang yang lebih berguna bagi masyarakat,” imbuh Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman.

Acara peluncuran program ini dihadiri sejumlah ulama, pemimpin pondok pesantren, dan tokoh masyarakat setempat, diantaranya KH Encep Subandi (Ketua PCNU Kabupaten Tangerang), Yunihar (Ketua LAZIS-NU Kabupaten Tangerang), Kiai Hafiz Gunawan (Pengasuh dan Pembina Ponpes Miftahul Khaer), H Usamah Abdul Gani (Anggota DPRD Kabupaten Tangerang), Mohammad Nur Kholis (Anggota DPRD Provinsi Banten dari FPKB), dan lainnya.

Di sela-sela acara, CEO Plasticpay Suhendra Setiadi juga turut membagikan hadiah berupa guling hasil daur ulang botol plastik kepada para Satriwan dan Santriwati untuk memeriahkan suasana peluncuran program tersebut.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5729 seconds (0.1#10.140)