ADB: Virus Corona Bisa Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 0,1%-0,4%

Jum'at, 06 Maret 2020 - 18:55 WIB
ADB: Virus Corona Bisa Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 0,1%-0,4%
ADB: Virus Corona Bisa Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 0,1%-0,4%
A A A
MANILA - Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan, wabah virus corona bisa memangkas pertumbuhan ekonomi global baik di Asia maupun seluruh dunia tahun ini. Lebih dari 3.200 orang di seluruh dunia telah meninggal karena penyakit pernapasan yang dapat menyebabkan pneumonia ini dan telah berdampak besar terhadap pasar keuangan dan menekan perekonomian.

Dilansir Reuters, wabah virus corona berpotensi memangkas produk domestik bruto global di antara 0,1% sampai dengan 0,4% dengan perkiraan kerugian pasar keuangan hingga mencapai di antara USD77 Miliar dan USD347 miliar. Lebih lanjut ADB menerangkan pertumbuhan ekonomi China dan negara berkembang di Asia bisa berkurang 0,3% sampai 1,7% dan 0,2 sampai 0,5%.

Proyeksi ini disampaikan ADB dalam sebuah analisis yang menguraikan skenario kasus terbaik dan terburuk dari dampak viruc corona. Lebih lanjut ADB mengatakan wabah virus corona dapat menyebabkan penurunan tajam dalam permintaan domestik, pariwisata dan perjalanan bisnis, hubungan perdagangan dan produksi, gangguan pasokan, menggerus pertumbuhan pada negera berkembang Asia.

Sementara itu penyebaran virus corona hingga tiga benua telah menghancurkan harapan akan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat tahun ini, dimana output global pada tahun 2020 berada dalam kecepatan paling lambat sejak krisis keuangan 2008-2009. Hal ini dikemukakan oleh Director International Monetary Fund Managing (IMF) Kristalina Georgieva.

Sedangkan Bank Dunia mengatakan siap memberikan bantuan dana segar hingga USD12 miliar untuk membantu negara berkembang meningkatkan layanan kesehatan mereka, surveilans penyakit, akses ke pasokan medis dan modal kerja bagi sektor bisnis.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1828 seconds (0.1#10.140)