Gelar Operasi di 5 Pasar, Bulog Pastikan Harga Beras dan Gula Stabil

Rabu, 18 Maret 2020 - 08:29 WIB
Gelar Operasi di 5 Pasar, Bulog Pastikan Harga Beras dan Gula Stabil
Gelar Operasi di 5 Pasar, Bulog Pastikan Harga Beras dan Gula Stabil
A A A
JAKARTA - Perum Bulog hari ini menggelar operasi pasar komoditas pangan di lima pasar di Jakarta guna menjamin stabilitas harga dan pasokan komoditas pangan. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, operasi pasar ini sebagai tindaklanjut dan arahan Presiden Joko Widodo dalam memantau ketersediaan komoditas pangan di masyarakat.

"Bulog menggelar operasi pasar agar masyarakat betul-betul melihat sendiri dan menjadi tenang bahwa harga saat ini stabil tidak ada kenaikan," kata Tri sela pelaksanaan operasi pasar di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Dia melanjutkan, pemerintah melalui Perum Bulog melakukan optimalisasi kegiatan operasi pasar dalam rangka mencegah dan menangani terjadinya gejolak harga pangan, khususnya terkait kekhawatiran di masyarakat akibat pandemi virus corona.

"Kegiatan ini dilakukan secara serentak di lima pasar utama di Jakarta yaitu Pasar Kramat Jati, Pasar Cempaka Putih, Pasar Mampang, Pasar Koja dan Pasar Tomang Barat," jelasnya.

Dalam operasi pasar ini Bulog menyiapkan kebutuhan pokok berupa beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat dan dengan kualitas produk yang bagus.

Dia pun sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras, gula dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab Bulog agar selalu tersedia di masyarakat.

"Tidak ada masalah, Bulog menjamin kebutuhan beras, gula dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba," tegasnya.

Bulog, lanjut dia, akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut. Dengan jumlah stok beras yang cukup besar sebanyak 1,5 juta ton, Bulog memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan harga yang tidak terduga akibat pandemi virus corona maupun menghadapi Ramadhan dan ldul Fitri. "Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait kebutuhan pangan sampai dengan mulainya musim panen raya nanti," tandas Tri.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5652 seconds (0.1#10.140)