alexametrics

Bersatu Hadapi Pandemi Covid-19, Negara G20 Siapkan Berbagai Stimulus

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, anggota G-20 siap membantu negara yang terkena pandemi Covid-19 serta telah menyiapkan berbagai stimulus. Hal ini diungkapkan saat melakukan pembahasan dengan Gubernur Bank Sentral Group of Twenty (G20) melalui pertemuan virtual.

"Anggota G20 juga bekerja sama secara bilateral maupun multilateral untuk melakukan restrukturisasi hutang negara miskin agar mereka dapat fokus melawan pandemi. Anggota G20 juga menyetujui penyusunan G20 joint action plan yang berisikan respon kebijakan kolektif negara anggota G20," ujar Sri Mulyani di Jakarta.

Sementara pada tataran Pemimpin G20, Menkeu mengungkapkan akan ada pembahasan inisiatif baru untuk mengatasi pandemi penyakit infeksius secara global. Stabilitas keuangan menjadi penting untuk memastikan ekonomi tidak terpuruk lebih dalam. Beberapa Bank Sentral G20 telah berinisiatif melakukan kerjasama swap line.



"Financial Stability Board (FSB) menekankan otoritas dan insititusi keuangan agar lebih fleksibel pada terhadap aturan internasional yang ada saat ini demi memastikan aktifitas keuangan masih berjalan," paparnya.

Sebagai informasi, anggota G20 saat ini sudah mengeluarkan nilai stimulus yang sangat besar, di antaranya Jerman sudah mengeluarkan tambahan pengeluaran sebesar USD132 miliar dan menyediakan USD812 miliar sebagai tambahan jaminan. Perancis mengeluarkan stimulus senilai USD45 miliar dan USA berencana mengeluarkan paket kebijakan senilai USD1 triliun. Uni Eropa sendiri mengeluarkan stimulus senilai USD100,86 miliar.

Adapun Korea Selatan yang menjadi salah satu pusat pandemi mengeluarkan stimulus senilai USD66 miliar. Australia baru saja mengeluarkan stimulus tambahan sehingga total stimulusnya mencapai USD109 miliar atau 9,7 persen dari PDB. Sedangkan Kanada sudah menerbitkan paket kebijakan sebesar USD63,9 miliar.

Sementara itu, suasana global saat ini berada dalam situasi yang abnormal, Indonesia sebagai anggota G20 terus melakukan koordinasi secara lebih erat dengan anggota G20 lainnya dan menyiapkan langkah-langkah kebijakan extraordinary yang mungkin melampaui batasan yang telah ada.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top