Social Distancing, Pertamina Pastikan Pasokan Gas di Jabar Aman

Jum'at, 27 Maret 2020 - 20:15 WIB
Social Distancing, Pertamina Pastikan Pasokan Gas di Jabar Aman
Social Distancing, Pertamina Pastikan Pasokan Gas di Jabar Aman
A A A
BANDUNG - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan gas LPG 3 kg hingga 12 kg aman untuk wilayah Bandung Raya, Sumedang, dan Priangan Timur, kendati permintaan gas cenderung meningkat sejak kebijakan tetap di rumah akibat wabah virus corona.

"Kami pastikan pasokan LPG PSO (3 kg) ini cukup bagi masyarakat. Selain agen dan pangkalan LPG, kami tetap beroperasi selama masa bekerja dari rumah ini. Pertamina juga selalu melakukan pengecekan stok dan pasokan," kata Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami di Bandung, Jumat (27/3/2020).

Dia mengakui, sejak wabah virus corona, permintaan gas meningkat. Kenaikannya hampir 3% dari konsumsi normal, atau menjadi 1.052 metrik ton per hari. Kenaikan ini seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat di rumah.

Namun untuk sektor usaha mikro, konsumsi LPG 3 kg cenderung menurun. Hal ini dipengaruhi banyak pengusaha makanan kategori mikro yang biasa berjualan di sekitar perkantoran, sekolah dan fasilitas umum mulai mengurangi aktivitasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, layanan pemesanan LPG non subsidi melalui Call Center 135 mengalami peningkatan sejak wabah corona meluas. Kenaikannya hingga 64% dibanding jumlah pemesanan pada Februari 2020 lalu.

Menurut Dewi Sri Utami, selama bulan Maret berjalan, khusus di wilayah Bandung Raya, Sumedang dan Priangan Timur, terjadi peningkatan konsumsi rata-rata 14% untuk produk LPG non subsidi Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg.

Kenaikan terjadi seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat membatasi mobilisasi keluar rumah, bekerja, sekolah dan beribadah dari rumah, sehingga masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah termasuk untuk memasak.

Layanan pesan antar melalui Call Center 135 untuk pembelian LPG non subsidi membantu konsumen tidak perlu keluar rumah, cukup menyebutkan jenis produk yang akan dipesan, serta alamat antar. Produk akan diantar dari pangkalan atau agen terdekat dari rumahnya.

Sebagai bentuk dukungan pada imbauan Pemerintah terkait social distancing, Pertamina memberikan promo diskon 25% dan gratis biaya pengantaran untuk pemesanan Bright Gas melalui Call Center 135 khusus untuk wilayah Bandung Raya, Sumedang dan Priangan Timur. Program yang berlaku sejak tanggal 20 Maret hingga akhir bulan Maret.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8521 seconds (0.1#10.140)