Beroperasi Besok, Bandara New Yogya Terapkan Social Distancing

Sabtu, 28 Maret 2020 - 16:11 WIB
Beroperasi Besok, Bandara New Yogya Terapkan Social Distancing
Beroperasi Besok, Bandara New Yogya Terapkan Social Distancing
A A A
JAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang akan mulai beroperasi, 29 Maret 2020 besok bakal langsung menerapkan Social Distancing. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan, langkah tersebut untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19

Hal setelah sebelumnya penerapan social distancing pada bandara Adisucipto sulit dilakukan karena keterbatasan kapasitas. Nantinya akan ada pemindahan seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta ke YIA, kecuali untuk penerbangan berjadwal dan tidak terjadwal yang menggunakan pesawat propeller serta penerbangan VIP yang menggunakan pesawat jet pribadi.

"Ini menjadi penting dengan sistuasi yang kita hadapi sekarang di tengah virus corona. Kondisi yang kita hadapi agak sulit untuk menerapkan social distancing di Adisucipto karena keterbatsan kapasitas. Oleh karena itu ada Bandara New YIA supaya tidak terjadi penumpukan penumpang," ujarnya dalam video conference, Sabtu (28/3/2020).

Faik menjelaskan, Adisucipto memiliki kapasitas yang dapat menampung sebanyak 1,8 juta penumpang. Sementara, yang dilayani sebanyak 8,4 juta. Sehingga dengan kepindahan bandara Adisucipto ke YIA merupakan bagian dari memitigasi kasus penularan virus korona. Karena YIA ini mampu menampung 20 juta penumpang per tahun.

"Sehingga emang tidak ada pilihan lain selain kita pindahkan ke bandara yang lebih representatif," ucapnya.

Lebih lanjut terang dia, tentunya dalam proses perpindahan terdapat resiko sehingga dalam proses pemindahan sendiri tidak dilakukan serentak, namun bergelombang. "Kita udah mulai tanggal 20 Maret yang lalu, kita atur sedemikian rupa secara berjadwal," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5873 seconds (0.1#10.140)