Meski Tak Larang Mudik, Luhut Ingatkan Harga Tiket Bakal Mahal

loading...
Meski Tak Larang Mudik, Luhut Ingatkan Harga Tiket Bakal Mahal
Meski Tak Larang Mudik, Luhut Ingatkan Harga Tiket Bakal Mahal
JAKARTA - Meski tak melarang mudik, pemerintah tetap mengimbau masyarakat agar tidak pulang ke kampungnya pada Lebaran tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona ke daerah-daerah. Selain itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk mudik pun masyarakat akan dibebani lonjakan harga tiket angkutan umum.

Apalagi pada tahun ini pemerintah tidak menyelenggarakan program mudik gratis. Artinya, jika ingin pulang ke kampung halaman, masyarakat harus menyiapkan dana ekstra.

"Nah ini akan berdampak pada harga-harga angkutan kalau memang ada juga yang mau mudik," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (2/4/2020).

Berdasarkan pengalaman, pada kondisi normal saja harga tiket angkutan umum umumnya mengalami lonjakan cukup tinggi saat Lebaran. Luhut mengingatkan, apalagi pada kondisi tak normal saat ini yang sedang menghadapi pandemi virus corona. Harga tiket angkutan umum menurutnya akan semakin melonjak tinggi.



Lonjakan harga angkutan umum menurutnya sangat mungkin terjadi karena penumpang yang lebih sedikit. Sementara, ongkos operasional angkutan umum tidak berkurang sedikit pun. "Karena satu bus yang penumpangnya 40 mungkin hanya tinggal 20 saja isianya sehingga tentu harga bisa melonjak," cetusnya.
(fjo)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top