alexametrics

Aliran Modal Asing Masuk Rp770 Miliar di Tengah Pandemi Corona

loading...
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat, sepanjang pekan ini aliran modal asing masuk ke Indonesia mencapai Rp770 miliar. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal asing ini menjadi sinyal positif bagi perekonomian di tengah pandemi corona, setelah sebelumnya banyak investor asing menarik dananya dari portofolio investasi di Tanah Air.

"Besaran modal asing yang masuk ke Indonesia itu berdasarkan data settlement 30 Maret hingga 2 April 2020 itu nonresiden di pasar keuangan domestik nett beli Rp770 miliar," ujar Perry di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Dia juga mengungkapkan, secara keseluruhan aliran modal asing tercatat keluar alias nett outflow sejak awal tahun ini. Sebab, nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat nett jual Rp143,99 triliun. "Kenaikan ini dipicu oleh kekhawatiran resesi ekonomi global seiring meluasnya pandemi corona," jelasnya.



Sementara itu, premi risiko alias Currency Default Swap Indonesia lima tahun meningkat menjadi 235,64 basis poin (bps) per 2 April, dari posisi 200,11 bps pada 27 Maret lalu.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top