Re-branding, Supermal Karawaci sasar semua segmen

Sabtu, 26 November 2011 - 11:51 WIB
Re-branding, Supermal Karawaci sasar semua segmen
Re-branding, Supermal Karawaci sasar semua segmen
A A A
Sindonews.com - Pusat perbelanjaan terbesar di kawasan Tangerang, Banten, Supermal Karawaci akan segera 'mengganti' wajah dengan konsep re-branding. Konsep rebranding ini adalah mengubah dari 'Mal Keluarga' menjadi 'Mal Eksplorasi'.

Untuk menyempurnakan proses re-branding tersebut, kini area mal dibagi menjadi empat zona yaitu Executive, Youth, Moms & Kids dan E Center.

"Youth Area adalah area terbaru yang kami siapkan untuk melengkapi tiga area lain yang sudah lebih dulu ada. Kami juga menyediakan area khusus bagi komunitas sehingga Supermal Karawaci akan menjadi mal pertama di Indonesia yang memiliki area komunitas," ujar CSM Managing Director PT Supermal Karawaci Heru Nasution, Sabtu (26/11/2011).

Menurut Heru, dengan visi dan misi Supermal Karawaci untuk selalu menjadi yang terdepan maka perusahaan harus senantiasa siap berubah, menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi terkini yang dihadapi.

Saat ini Supermal Karawaci bisa dikatakan satu-satunya pusat perbelanjaan di Indonesia yang menyasar tiga segmen berbeda yakni A, B, dan C (atas, menengah, dan bawah) dan semuanya berada dalam satu bangunan.

Namun berdasarkan riset yang dilakukan pihak independen, manajemen Supermal Karawaci menyimpulkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan perusahaan termasuk melakukan re-branding. Hal ini antara lain didorong perubahan perilaku konsumen dan dinamika bisnis atau industri.

"Sejauh ini konsep yang diterapkan Supermal Karawaci relatif sukses, namun demikian kami ingin tetap memastikan bahwa para stakeholder terutama konsumen, tenant, dan vendor, juga terus tumbuh dan berkembang. Untuk itulah kami melakukan re-branding," ujar Heru.

Terkait re-branding ini setidaknya ada tujuh elemen perubahan yang dilakukan Supermal Karawaci yakni Pembentukan persepsi baru, yaitu "Mal Eksplorasi"; Penyegaran terhadap identitas merek mulai dari logo, jingle, dan tagline; Rejuvinasi infrastruktur meliputi perbaikan toilet, penerangan dan kebersihan, penambahan area hijau, dan sign system; Pembagian area dalam 4 zona yakni Executive, Youth, Moms & Kids dan E Center; Perbaikan standar pelayanan di semua ujung tombak (front liners); Strategi marketing dan komunikasi yang lebih fokus, antara lain dengan penyediaan POP yang lebih canggih berupa LCD/LED, pendekatan kepada komunitas, pemanfaatan sosial media, pengadaan program promo yang menarik dan event yang lebih eksploratif; Perbaikan tenancy mix, antara lain penambahan tenant baru, pemindahan lokasi tenant, dan pembuatan lay-out toko yang lebih menarik.

Untuk membuat masyarakat alert dengan re-branding Supermall Karawaci ini, puluhan komunitas se-Jabodetabek, mulai dari penggemar mobil antik hingga pecinta kegiatan dan pehobi barang unik, siap memeriahkan program re-branding Supermal Karawaci. Sejak akhir pekan lalu, komunitas tersebut memulai rangkaian kegiatannya di sebuah area khusus yang memang diperuntukkan bagi komunitas dan pengunjung.

"Dulu kita mungkin hanya kenal beberapa komunitas hobi seperti komunitas radio antar penduduk, atau komunitas-komunitas berbasiskan asal tempat tinggal seperti komunitas minang, komunitas bugis, komunitas warga Indonesia dan sebagainya. Namun, sejak munculnya teknologi internet, puluhan atau bahkan ratusan ribu komunitas baru yang unik atau mungkin aneh kini bermunculan," ujar Heru.

Menanggapi fenomena tersebut, Supermal Karawaci berinisiatif untuk mewadahi para anggota komunitas untuk beraktivitas, antara lain dengan menyediakan area khusus komunitas (community area) di area mal. Dengan demikian boleh dikatakan Supermal Karawaci merupakan mal atau pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang menyediakan area khusus komunitas.

Official launch re-branding Supermal Karawaci menurut rencana akan dilakukan pada 3 Desember 2011, diawali oleh kegiatan komunitas pada 18 November. Komunitas yang akan terlibat dalam acara ini antara lain, Komunitas Volkswagen; Komunitas Fiat; Komunitas Onthel; Komunitas rokok Kretek; Komunitas Weker; Komunitas Djadoel; Komunitas Mainan Kaleng; Komunitas Vespa; Komunitas LambreXa; Komunitas BMX; Komunitas Skater; Komunitas Teh; Komunitas Kendaraan Retro; Komunitas tomica (toys); Komunitas usedparts Komunitas Baju Jepang; Komunitas Komik; Komunitas PPMKI; Komunitas Reenactors (baju militer); Komunitas Cerutu; Komunitas Wine; Komunitas Low Rider; Kominitas gamewatch; Komunitas costumeplay; Komunitas KucinG; Komunitas Anjing (PetBulls); Komunitas Film; Komunitas Filatelis; Komunitas Wayang; Komunitas Museum; Komunitas layang-layang Jakarta; Komunitas kamera; Komunitas Gasing Indonesia; Komunitas Beatbox; Komunitas jumpstilts; Komunitas Umbul (gambaran); Komunitas Lobang Jarum; dan Komunitas Piringan Hitam.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)