Solo klasik di Omah Sinten

Sabtu, 26 November 2011 - 12:42 WIB
Solo klasik di Omah Sinten
Solo klasik di Omah Sinten
A A A
Sindonews.com - Kota Surakarta atau yang lebih akrab disebut Kota Solo memang terkenal sebagai kota wisata budaya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut menginginkan pengalaman menikmati budaya Jawa yang begitu kental di kota yang tak jauh dari Yogyakarta itu.

Salah satu budaya Jawa yang kental dengan kota Solo adalah peringatan malam satu Suro yang bertepatan dengan penanggalan Islam, 1 Muharram yaitu tahun baru Islam.

Di Solo yang memiliki dua keraton, peringatan malam satu Suro ini biasanya diisi dengan Kirab yang dilakukan dari Kraton Mangkunegaraan dan Kraton Kasunanan. Di Kraton Mangkunegaraan kirab diisi dengan pencucian benda-benda pusaka milik Kraton, sedangkan di Kraton Kasunanan diisi dengan kirab Kebo Bule.

Tingginya minat masyarakat untuk menyaksikan Kirab malam satu Suro ini ditangkap oleh Omah Sinten Heritage Hotel & Resto sebagai salah satu peluang untuk membawa pengalaman melihat langsung budaya Solo kepada masyarakat. Hotel Butik yang berlokasi pas di depan Kraton Mangkunegaran menawarkan paket menarik bagi pengunjungnya untuk bisa menonton Kirab Kraton Mangkunegaraan pada malam satu Suro secara ekslusif.

"Kalau biasanya orang-orang jalan sendiri-sendiri nonton Kirab, nah Oman Sinten menawarkan untuk meng-organize pengunjung menyaksikan kirab yang dilaksanakan setahun sekali itu, jadi tidak desak-desakan," ujar Marketing Manager Omah Sinten, Bram, saat berbincang dengan Sindonews, Jumat (26/12/2011) malam.

Menurut Bram, konsep yang ditawarkan Omah Sinten ini memang berbeda dengan hotel-hotel lainnya karena Omah Sinten memang membidik segmen wisatawan yang ingin merasakan pengalaman budaya Jawa terutama di Solo. Untuk paket malam satu Suro ini pun Omah Sinten membuka penawaran sebesar Rp865 ribu per malam untuk dua orang termasuk makan malam dan sarapan.

"Kami punya 10 kamar yang ditawarkan, kalau mau booked masih bisa sampai besok (Sabtu). Sekarang sudah terisi lima kamar, ada yang dari Bandung dan Jakarta," jelasnya.

Selain membidik wisatawan untuk menginap dan merasakan sensasi Kirab malam satu Suro, Omah Sinten membuka paket untuk makan malam di restorannya dan menyaksikan Kirab dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp75 ribu/pack.

Acara akan dimulai pukul 18.00 WIB, peserta berkumpul di Omah Sinten terlebih dahulu dan dapat menikmati coffee break. Kemudian dilanjutkan menuju Istana Mangkunegaran untuk menyaksikan prosesi kirab. Setelah prosesi kirab usai, peserta dapat menikmati hidangan makan malam dengan menu-menu andalan dari Omah Sinten.

Methekung akan dimulai tepat tengah malam. Prosesi ini merupakan puncak malam 1 suro, malam yang dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Saat methekung, warga akan diam bersemedi dan memanjatkan doa kepada Tuhan.

Omah Sinten Heritage Hotel & Resto ini memang terbilang masih sangat baru di dunia perhotelan. Dimiliki oleh seorang pengusaha eksportir mebel asli Solo, Slamet Rahardjo, Omah Sinten sedari awal memang dikonsep kental akan unsur budaya Jawa.

"Ide awalnya memang idealisme dari Pak Slamet untuk me-remind pengunjung akan kota Solo masa lalu," tambah Bram.

Karena kecintaan Slamet ini akan budaya Jawa maka sebagian besar barang-barang antik yang ada di Omah Sinten ini ternyata adalah koleksi pribadinya. Sebagai pengusaha mebel, Slamet pun total dalam mendesain interior Omah Sinten sehingga bisa dibilang furnitur di Omah Sinten ekslusif.

"Beberapa barang, barang koleksi pribadi bapak, barang tambahannya juga khusus dibuat untuk Omah Sinten," ujarnya.

Sebelum berbentuk hotel seperti sekarang ini, Resto Omah Sinten lebih dahulu diperkenalkan dengan masakan khas Solo terutama menu Kraton Mangkunegaran. "Kita soft opening 25 Agustus 2010, rumah makan dulu, hotelnya baru Desember," jelasnya. Resto Omah Sinten pun kerap diburu oleh para Wisatawan yang berkunjung ke Kraton Mangkunegaran.

Karena konsepnya yang ekslusif, Omah Sinten memang lebih banyak menarik minat pengunjung yang haus akan budaya, sehingga tingkat akupansi hotel maksimal saat liburan atau jika ada event budaya di kota Solo. Untuk bisa menginap di Omah Sinten, pengunjung bisa mengakses website www.omahsinten.net untuk melakukan online booking dengan tawaran menarik.

Berminat berlibur di kota Solo? Tak ada salahnya memasukan Omah Sinten sebagai salah satu daftar tujuannya. Selamat berlibur.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5322 seconds (0.1#10.140)