Pemerintah fokus pembangunan infrastruktur

Selasa, 03 Januari 2012 - 14:38 WIB
Pemerintah fokus pembangunan...
Pemerintah fokus pembangunan infrastruktur
A A A
Sindonews.com - Pemerintah memastikan akan terus membangun infrastruktur untuk memperlancar ekonomi Indonesia. Salah satu di antaranya adalah membangun dermaga dan pengadaan kapal.

"Khusus masalah Papua, Maluku, NTT, Maluku, dan kawasan timur lainnya, kita harus bicara soal terbukanya akses transportasi yang menghubungkan, misalnya kapal," ujar Menteri Perekonomian Hatta Rajasa usai Rakor Pembatasan BBM Subsidi di kantornya, Jakarta, Selasa (3/1/2012)

Hatta menjelaskan, pemerintah menyiapkan dana Rp1 triliun untuk membangun kapal dan dermaga tahun ini. Untuk itu, dia mengatakan akan menggandeng BUMN guna memperlancar rencana tersebut.

"Untuk kapal, pemerintah akan memesan seharga Rp20 miliar per unit dengan kapasitas 10.000 beban berat mati (deadweight tonnage/dwt). Nanti agar kapalnya menyebar ke seluruh pulau, BUMN yang kerjakan," tambahnya.

Selain pembangunan dermaga dan pengadaan kapal, pemerintah juga akan terus membangun infrastruktur seperti jalan tol, waduk, bendung gerak, pengendali banjir, serta pembangunan jalur rel ganda di Pantura, juga kereta bandara. "Kita juga ingin terus mengembangkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Priok," tandasnya.

Tak hanya pusat, fokus pembangunan juga terjadi di daerah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPMMP) 2012. Pemerintah segera melakukan perbaikan infrastruktur jalan rusak yang ada di pedesaan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMDPKB) Kabupaten Majalengka Rieswan Graha mengatakan, pada 2012, PNPM-MP masih difokuskan kepada program infrastruktur yakni perbaikan jalan rusak yang ada di sejumlah desa.

Perbaikan itu, kata dia, diharapkan dapat mendukung aktivitas perekonomian warga. “Untuk 2012, program perbaikan lebih kepada infrastruktur sebesar 70 persen dan sisanya sebesar 30 persen untuk bidang ekonomi,” kata Rieswan.

Dia menjelaskan, anggaran PNPM-MP tahun ini mencapai Rp34,707 miliar. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding anggaran 2011, yang hanya sebesar Rp28,500 miliar.

“Tahun 2011 lalu, dana PNPM hanya sebesar Rp28.500 miliar dengan rincian Rp22,800 miliar dari APBN dan sharing dari APBD kabupaten sebesar Rp5,700 miliar. Sedangkan pada 2012, anggarannya meningkat menjadi Rp34,707 miliar dengan rincian Rp28,607 miliar dari APBN dan dari sharing APBD kabupaten sebesar Rp6,1 miliar,” jelas dia. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1182 seconds (0.1#10.140)