Selangkah lagi SIUP Citilink bakal terbit

Kamis, 05 Januari 2012 - 11:17 WIB
Selangkah lagi SIUP Citilink bakal terbit
Selangkah lagi SIUP Citilink bakal terbit
A A A
Sindonews.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerbitkan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Citilink pada bulan ini.

SIUP ini akan dikeluarkan jika maskapai penerbangan yang bersangkutan telah memenuhi kekurangan yang diperlukan untuk melengkapi penerbitan izin tersebut. “Bulan ini SIUP Citilink akan diterbitkan jika pihak maskapai penerbangan telah melengkapi kekurangan persyaratan yang diperlukan. Garuda Indonesia kan sudah mendirikan PT Citilink dan rencananya akan spin off tahun ini, makanya pengurusan bisa lebih cepat,” jelas Direktur Angkutan Udara Kemenhub Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Rabu, 4 Januari 2012.

Djoko menjelaskan, saat ini proses SIUP Citilink sedang memasuki tahap finalisasi akhir yang terkait dengan rencana bisnis dari maskapai penerbangan tersebut.

Citilink harus menyetorkan sejumlah modal awal ke bank terlebih dahulu, lalu bukti penyetorannya dilaporkan ke Kemenhub. Setelah proses itu dilalui, maka SIUP siap diterbitkan. Sementara, Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan bahwa pihaknya telah siap melengkapi semua persyaratan yang berkaitan dengan SIUP Citilink yang sebentar lagi akan dirilis Kemenhub.

“Kita sudah siap untuk mengirimkan semua persyaratan yang dibutuhkan seperti permodalan dan jumlah pesawat,” ujar Elisa.

Seperti diketahui, untuk melengkapi spin off, Citilink sudah mengoperasikan lima unit pesawat milik sendiri dan lima unit pesawat sewaan untuk memenuhi UU No 9/2009 tentang Penerbangan. Saat ini pesawat yang sudah dioperasikan berjumlah tujuh unit yang terdiri dari lima unit Boeing 737-500, satu unit Boeing 737-400, dan satu unit Airbus A320-200.

Masih berkaitan dengan penerbitan SIUP, Kemenhub memperpanjang izin perusahaan maskapai penerbangan yang sempat bangkrut, Mandala Airlines hingga April 2012. Seperti yang diketahui SIUP Mandala Airlines akan berakhir pada 12 Januari 2012 dikarenakan sudah tidak beroperasi selama satu tahun.

Djoko menjelaskan hal tersebut dilakukan oleh Kemenhub karena saat ini Mandala Airlines tengah melakukan resertifikasi Air Operator Certificate (AOC) sehingga diberikan perpanjangan masa berlaku SIUP hingga April 2012. Bulan ini Mandala Airlines akan mendatangkan satu unit pesawat dan 10 unit tambahan sepanjang tahun ini secara bertahap.

“Pada 25 Desember kemarin humas Mandala Airlines telah mengirimkan surat laporan mengenai perkembangan AOC yang telah memasuki tahap kedua,key person sudah difit and proper test dan dua unit pesawat sudah berada di Singapura,” ujar Djoko.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0649 seconds (0.1#10.140)