Kinerja BUMN karya dipatok naik 25%

Senin, 09 Januari 2012 - 10:07 WIB
Kinerja BUMN karya dipatok naik 25%
Kinerja BUMN karya dipatok naik 25%
A A A
Sindonews.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan kinerja BUMN karya tahun ini bisa tumbuh lebih dari 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang fokus pada pembangunan infrastruktur.

“BUMN karya harus bisa tumbuh di atas 25 persen, seiring dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur yang mendukung program MP3EI,” ujar Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin di Jakarta akhir pekan lalu.

Terkait dengan harapan pemerintah tersebut, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) tahun ini menargetkan pendapatan sebesar Rp12,16 triliun atau naik sekitar 29,36 persen dibandingkan estimasi akhir tahun lalu senilai Rp9,4 triliun. Adapun laba bersih ditargetkan bisa tumbuh 23 persen menjadi Rp430 miliar dari estimasi akhir 2011 sebesar Rp350 miliar.

Direktur Keuangan WIKA Ganda Kusuma menuturkan, perseroan tahun ini lebih banyak menggarap proyek pemerintah dengan porsi mencapai 49 persen,sedangkan sisanya merupakan proyek dari swasta dan BUMN.

Proyek lokal tersebut terutama pembangunan infrastruktur dan pembangkit listrik. Perusahaan karya pelat merah karya lainnya,PT Adhi Karya Tbk (ADHI), tahun ini menargetkan pendapatan sebesar Rp9,42 triliun atau naik sekitar 34,5 persen dibandingkan estimasi akhir tahun lalu Rp7 triliun, dengan laba bersih tumbuh 11,6 persen menjadi Rp204,65 miliar dibandingkan estimasi tahun lalu Rp183,37 miliar.

Sedangkan Direktur Utama PTPP Bambang Triwibowo mengatakan, tahun ini perusahaan akan fokus pada sejumlah proyek konstruksi berskala besar dari pemerintah,BUMN, ataupun swasta. Perseroan juga membidik proyek minyak dan gas (migas) serta melakukan investasi di bidang energi dan infrastruktur.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7314 seconds (0.1#10.140)