Semester I 2012, dua BUMN siap IPO

Selasa, 10 Januari 2012 - 14:04 WIB
Semester I 2012, dua BUMN siap IPO
Semester I 2012, dua BUMN siap IPO
A A A
Sindonews.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan, dua BUMN dan tiga anak usaha BUMN akan menggelar penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada tahun ini.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, berdasarkan rapat pimpinan (rapim) BUMN hari ini diputuskan, dua BUMN dan tiga anak usaha BUMN akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Yang sudah konfirmasi, PT Semen Baturaja, PT Pegadaian, PT Geothermal Energy, PT Pertamina Drilling Services Indonesia dan Garuda Maintenance Facility," kata dia di Jakarta, Selasa 10/1/2012).

Dahlan menyebut, BUMN yang akan melasanakan IPO di semester I/2012, yakni PT Semen Baturaja. Sedangkan, sisanya baru bisa dilaksanakan pada semester II tahun ini.

Sementara itu, PT Waskita Karya yang sempat disebut-sebut akan melantai pada tahun ini masih ada beberapa kendala yang harus diselesaiakan. "Kemungkinan Waskita akan menyusul untuk IPO. Namun, sebaliknya, jika masalah tersebut tidak bisa diselesaikan tahun ini, maka Waskita baru bisa melantai di Bbrsa tahun depan," kata Dahlan.

Deputi Menteri BUMN Bidang Logistik dan Infrastruktur Sumaryanto sebelumnya menuturkan, PT Waskita Karya belum bisa melantai di BEI pada tahun ini lantaran masih dalam restrukturisasi oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

"Selain itu, Waskita juga masih membantu Istaka Karya dan Nindya Karya," ujar dia.

Dia memperkirakan, Waskita Karya baru bisa melaksanakan IPO pada 2013 atau awal 2014. Untuk tahun ini, perseroan bisa menerbitkan surat utang (obligasi) jika memerlukan dana untuk tambahan modal operasional. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6276 seconds (0.1#10.140)