Clarion bangun hotel bintang empat di Gorontalo

Senin, 16 Januari 2012 - 18:43 WIB
Clarion bangun hotel bintang empat di Gorontalo
Clarion bangun hotel bintang empat di Gorontalo
A A A
Sindonews.com – Setelah membangun hotel di Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan total investasi senilai Rp125 miliar, kini Grand Clarion Hotel & Convention melebarkan ekspansi ke Provinsi Gorontalo. Perusahaan jaringan Choice Hotels International ini berencana membangun hotel bintang empat di salah satu provinsi termuda di Indonesia itu.

Direktur Utama Clarion Hotel & Convention Anggiat Sinaga dan rombongan telah meninjau beberapa lokasi yang dianggap strategis untuk pembangunan hotel di daerah ini. Pemerintah setempat juga telah menawarkan diri bekerja sama.

“Sekarang konsentrasi mencari lokasi yang strategis,” kata Anggiat Sinaga kepada Sindonews, Senin (16/1/2012).

Anggiat mengatakan, Grand Clarion Hotel & Convention siap berinvestasi di daerah ini setelah melihat potensi di daerah tersebut. Menurut dia, Gorontalo sudah semestinya memiliki hotel yang memiliki fasilitas yang komplet dengan sarana konvensinya.

Saat ini, lanjut Anggiat, baru satu hotel berbintang tiga dengan sarana dan fasilitas yang masih terbatas. “Saya sangat optimistis untuk hadirnya hotel bintang empat. Masih sangat layak karena hingga saat ini baru satu hotel untuk kelas bintang tiga, itupun dengan keterbatasan sarana dan fasilitas. Hotel di Gorontalo belum ada yang memiliki fasilitas yang lengkap dengan sarana konvensinya,” ungkap dia.

Menurut Anggiat, sebagai ibu kota provinsi sudah layak memiliki fasilitas hotel bintang empat dengan jumlah kamar sekira 150 sampai dengan 200 kamar. Gorontalo, kata dia, memiliki sumber daya alam yang belum tereksplorasi dengan baik, terutama di sektor pertambangan.

“Sumber daya alam Gorontalo belum tereksplorasi dengan baik. Kalau ini tergarap dengan baik akan memberikan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik. Kalau ekonominya bertumbuh otomatis hotel sebagai sarana publik mutlak dibutuhkan,” kata Anggiat.

Dia menjelaskan, tingkat hunian (okupansi) hotel di Gorontalo cukup tinggi yakni menembus 80 persen. Bahkan, jika ada kegiatan secara bersamaan, akan sulit mencari kamar. Hanya, Anggiat belum bersedia menyebutkan rencana nilai investasi untuk pembangunan hotel ini.

Sebelumnya, Grand Clarion Hotel & Convention Makassar juga telah membangun hotel di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan nilai investasi mencapai Rp125 miliar yang rencananya mulai beroperasi Juni 2013. (bro)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4728 seconds (0.1#10.140)