Kemenakertrans gelar bursa kerja khusus

Selasa, 24 Januari 2012 - 11:42 WIB
Kemenakertrans gelar bursa kerja khusus
Kemenakertrans gelar bursa kerja khusus
A A A


Sindonews.com - Meningkatnya jumlah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu alasan bagi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) membuka bursa kerja khusus (BKK) di sekolah kejuruan dan perguruan tinggi.

Penyelenggaraan bursa kerja khusus di berbagai daerah ini bisa dimanfaatkan bagi para lulusan pendidikan SMK, lembaga latihan kerja, ataupun lulusan perguruan tinggi untuk mempermudah mencari pekerjaan secara langsung.

"Pelaksanaan bursa kerja khusus sangat dibutuhkan untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja lulusan pendidikan kejuruan maupun lulusan universitas yang sedang mencari pekerjaan dengan perusahaan atau pengguna tenaga kerja," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam keterangan pers di Jakarta, Senin 23 Januari 2012, seusai meresmikan bursa kerja khusus di SMK Az Zahra di Jepara, Jawa Tengah pada hari Minggu lalu.

Menakertrans Muhaimin mengatakan, bursa kerja khusus memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif serta membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

"Untuk mempermudah pencari kerja, Kemenakertrans mengadakan Bursa Kerja Khusus secara rutin di berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan melibatkan dinas-dinas tenaga kerja, pengelola pendidikan kejuruan, universitas dan perusahaan-perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga kerja baru," paparnya.

Muhaimin mengatakan, pihaknya merasa yakin penyelenggaraan bursa kerja khusus ini bakal mempercepat penempatan tenaga kerja dan meningkatkan persentase dan jumlah lowongan kerja yang dapat terisi oleh para pencari kerja.

"Dengan penyiapan tenaga kerja yang terampil dengan keahlian dan kompetensi kerja yang bisa diandalkan, diharapkan para lulusan sekolah kejuruan ini bisa langsung bekerja, sehingga mengurangi angka pengangguran di Indonesia," kata Muhaimin.

Selama ini Kemenakertrans mengadakan kerja sama dengan Dinas-dinas Tenaga Kerja tingkat provinsi, kabupaten/kota, pengelola pendidikan tinggi/universitas maupun pihak swasta dalam mengadakan bursa kerja/job fair dan bursa kerja online yang diadakan secara rutin di berbagai daerah di Indonesia.

Selama ini Kemenakertrans telah menyelenggarakan pameran-pameran bursa kerja di seluruh Indonesia, antara lain di Bandung dan Depok (Jawa Barat), Serang (Banten), DKI Jakarta, Malang, Surabaya dan Madura (Jawa Timur), Tegal (Jawa Tengah), Manado (Sulawesi Utara), Ternate (Maluku Utara), Kupang, (Nusa Tenggara Timur), Batam (Kepri), Bali, dan berbagai daerah lainnya.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, Kemenakertrans sejak tahun 2003 telah membangun sistem bursa kerja on-line (BKOL) yang tersambung langsung dengan internet. Sampai tahun 2010 jaringan Bursa Kerja Online sudah menjangkau 261 lokasi di dinas-dinas tenaga kerja tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Sedangkan pada tahun 2011, sistem BKOL ini ditargetkan akan diperluas lagi ke 200 kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia. Bursa Kerja On-Line dibangun untuk menjembatani para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja guna mempermudah proses rekrutmen, mulai dari tahap penyebaran informasi sampai tahap penerimaan tenaga kerja.

Para pencari kerja dan perusahaan yang butuh pekerja pun bisa mengakses ke situs www.infokerja.depnakertrans.go.id untuk mencari daftar lowongan perkerjaan yang tersedia.

Dalam Bursa Kerja On-Line ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja agar lebih mudah mengetahui keberadaan masing-masing dan sekaligus memfasilitasi proses hubungan langsung antara pencari dan pemberi kerja.

Muhaimin berharap masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar tentang berbagai lowongan kerja yang tersedia. "Bagi perusahaan bisa mendapatkan calon-calon pekerja yang berkualitas dan sesuai dengan fungsi jabatan yang dibutuhkan," terangnya.

Selain menyelenggarakan pameran bursa kerja, Kemenakertrans pun mengadakan kerja sama dengan beberapa pengelola perguruan tinggi/universitas untuk menyediakan layanan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk mahasiswa dan alumni yang masih mencari kerja.

Saat ini layanan tersebut telah dilaksanakan di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas Udayana. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0949 seconds (0.1#10.140)