RI 100% masih impor garam industri

Selasa, 24 Januari 2012 - 13:38 WIB
RI 100% masih impor garam industri
RI 100% masih impor garam industri
A A A
Sindonews.com - Kebutuhan garam untuk industri saat ini, menurut pemerintah masih mengandalkan impor, namun untuk tingkat konsumsi telah mampu diproduksi oleh petani garam dalam negeri.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif Cicip Sutardjo membenarkan hal tersebut dengan mengatakan dari dulu memang Indonesia mengimpor 100 persen garam industri karena ada masalah investasi, lahan, dan teknologi.

"Garam industri dari dulu memang belum pernah produksi. Kalau garam industri memang dari dulu impor belum pernah produksi," ungkap Cicip ketika ditemui ditemui di Gedung Kementerian Perekonomian (Kemenko), Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (24/1/2012).

Lebih lanjut, dia mengaku mengenai masalah ini adalah tanggung jawab Menteri Perindustrian dan saat ini sedang dilakukan penjajakan seperti investasi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kalau saya KKP lebih banyak lebih pada garam konsumsi karena membina langsung petani garam di pesisir. Untuk garam industri sedang diusahakan dari Kemenperin. Ada PP 17 dia," jelasnya.

Sementara untuk garam konsumsi sendiri, Cicip menegaskan tahun ini akan ada swasembada garam sehingga untuk garam konsumsi dia berjanji tidak akan ada impor lagi. "Garam konsumsi tahun ini kita canangkan swasembada garam, jadi tidak ada lagi impor," tutupnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4555 seconds (0.1#10.140)