Finlandia dan Estonia minati investasi EBT di Indonesia

Selasa, 24 Januari 2012 - 16:37 WIB
Finlandia dan Estonia minati investasi EBT di Indonesia
Finlandia dan Estonia minati investasi EBT di Indonesia
A A A


Sindonews.com - Sepuluh perusahaan energi Finlandia dan Estonia berminat investasi di bidang energi baru dan terbarukan yang ada di Indonesia. Pemerintah memberikan sinyal positif terkait niat investasi tersebut.

Hal ini disampaikan Direktur Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kardaya Warnika yang ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta (24/1/2012).

"Pertemuan hari ini ada rombongan bisnis terdiri dari dua negara yaitu Finlandia dan Estonia yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Finlandia Alexander Stubb. Dan juga ada beberapa pebisnis terdiri dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan," ujar Kardaya.

Menurutnya saat ini Estonia sangat maju dalam sand oil (pasir minyak), selain itu, Finladia dan Estonia juga tertarik dalam bidang energi biomassa. Dan para pebisnis dari dua negara tersebut tertarik untuk mengembangkannya.

"Karena sand oil itu kan salah satu energi baru dan terbarukan. Mereka bilang teknologi yang dia punya sudah sangat efisien. Karenanya mereka menawarkan teknologi juga," ungkapnya.

Lebih lanjut Kardaya menambahkan, ada sepuluh perusahaan yang berminat untuk tanamkan investasi dan menawarkan teknologi yang mereka punya.

Terkait perkembangan investasi EBT yang disampaikan Finlandia, Indonesia sudah memberikan sinyal positif untuk investasi Finlandia terkait EBT. Rencananya, yang akan ditawarkan yaitu proyek-proyek Bioenergy yang ada di Kalimantan dan Riau.

"Karena ada proyek-proyek bioenergy di Riau dan Kalimantan, maka yang di sana dulu yang akan ditawarkan," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1100 seconds (0.1#10.140)