Semen Baturaja IPO kuartal III tahun Ini

Rabu, 25 Januari 2012 - 09:12 WIB
Semen Baturaja IPO kuartal III tahun Ini
Semen Baturaja IPO kuartal III tahun Ini
A A A


Sindonews.com - PT Semen Baturaja diperkirakan akan menggelar penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada kuartal III tahun ini. Adapun, saham perseroan yang akan dilepas Semen Baturaja saat IPO maksimal sebanyak 30 persen.

Deputi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Pandu Djajanto mengatakan, jumlah saham yang akan dilepas masih dilakukan kajian bersama perseroan. ”Namun, jumlahnya diperkirakan maksimal sebanyak 30 persen,” ujarnya di Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Baturaja Pamudji Raharjo menjelaskan, perseroan masih mempersiapkan diri untuk mencatatkan sahamnya ke lantai Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlah saham yang akan dilepas, dia juga menyebut, maksimal 30 persen. ”Kita belum memutuskan jumlahnya berapa, tapi maksimal 30%,” ujarnya.

Perseroan, lanjut dia, juga akan segera melakukan beauty contest untuk memilih pelaksana penjamin emisi (underwriter) IPO. Rencananya beauty contest akan digelar pada Februari 2012 sehingga IPO bisa dilaksanakan pada semester II tahun ini.

Dana hasil IPO, kata Pamudji, sebagian akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru. Adapun, kebutuhan dana perseroan tahun ini untuk pembangunan pabrik sekitar Rp2,5 triliun. Dana tersebut bersumber dari kas internal, pinjaman perbankan lokal dan dana hasil IPO.

Pabrik semen yang berlokasi di Sumatera ini, lanjut dia, memiliki kapasitas 1,5 juta ton. Persiapan pembangunan pabrik tersebut dimulai tahun ini, sedangkan pembangunan fisik pada tahun depan dan ditargetkan rampung pada 2015.

Dengan rampungnya pabrik ini, maka kapasitas produksi semen perseroan menjadi 3,5 juta ton. Pada tahun depan produksi semen perseroan sekitar 2 juta ton. Sementara itu, penjualan semen perseroan pada tahun ini ditargetkan Rp1,1 triliun dengan kapasitas produksi sekitar 1,3 juta ton dengan target laba Rp285 miliar. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6623 seconds (0.1#10.140)