Kereta menuju bandara Soetta beroperasi 2013

Rabu, 25 Januari 2012 - 15:24 WIB
Kereta menuju bandara Soetta beroperasi 2013
Kereta menuju bandara Soetta beroperasi 2013
A A A


Sindonews.com – Kementrian Perhubungan saat ini tengah fokus membangun jalur ganda kereta yang menghubungkan stasiun dengan Bandara Soekarno Hatta. Kemenhub menargetkan tahun 2013 pembangunan jalur utara dan selatan selesai dibangun.

“Kita lakukan pembangunan jalur ganda diantara stasiun Duri Tangerang, kemudian nanti juga akan diteruskan dengan Tangerang dan bandara sendiri, itu diharapkan dalam 1-2 tahun kelar, 2013 selesai target,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susatono di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Rabu (25/01/12).

Saat ini, kata Bambang, proyek tersebut sudah selesai tahap pembebasan lahan. Konstruksi akan dibuat secara pararel dan tahun 2013 sudah mulai bisa beroperasi. “Jalurnya dari peta stasiun utama di Manggarai dan Sudirman dari situ ke Bukit Duri, lalu ke barat, Tangerang atau sebelum atau pas di Tangerang, ini yang lagi dipelajari," katanya

"5 kilometer luas lahan, sebagian 3 km itu tanah dari Angkasa Pura, target pembebasan lahan harus kelar tahun ini, tahun depan konstruksi pararel,” tambahnya.

Bambang menyebutkan proyek tersebut menelan anggaran hingga Rp 1,7 milyar. Nantinya masyarakat yang hendak ke bandara akan difasilitasi dengan kereta.

“Akan ada dua kereta yakni commuter line dan ekspres, commuter line lewat Tangerang dan Ekspres lewat pluit. Awalnya di Sudirman-Manggarai boarding, diantara itu akan dipilih mana yang akan jadi persinggahan, proyek ini sudah berjalan,” paparnya.

Bambang menjamin akan ada satu kereta melintas setiap 15 menit hingga 30 menit. Seluruh proyek itu, lanjutnya, merupakan pendanaan dari APBN. “Alokasi dana campuran antara BUMN sama Kemenhub, ground breaking akan dilakukan Juni–Juli tahun ini,” tandasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8819 seconds (0.1#10.140)