Asuransi Wahana Tata targetkan premi naik cuma 18%

Rabu, 25 Januari 2012 - 19:11 WIB
Asuransi Wahana Tata targetkan premi naik cuma 18%
Asuransi Wahana Tata targetkan premi naik cuma 18%
A A A
Sindonews.com - Kondisi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya pulih membuat Asuransi Wahana Tata tak muluk-muluk mematok target premi di tahun ini. Krisis ekonomi global dan banyaknya bencana alam catastrophe sehingga mendapatkan dukungan atau back up reasuransi yang kurang maksimal, maka Asuransi Wahana Tata menargetkan premi untuk tahun 2012 hanya meningkat sebesar 18 persen saja atau menjadi sebesar Rp1,56 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Marketing Asuransi Wahana Tata M.Th. Ratnawati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Adapun hasil kinerja Asuransi Wahana Tata di tahun 2011 bisa terbilang menggembirakan. Premi bruto mencapai Rp1,324 triliun, mengalami kenaikan sebesar 40 persen dari perolehan tahun lalu sebesar Rp941 miliar.

Hasil underwriting juga mengalami kenaikan sebesar 25 persen dari semula sebesar Rp214 miliar tahun 2010 menjadi Rp270 Miliar tahun 2011. Hal yang sama terjadi pula pada laba bersih yang mencapai Rp105 miliar, yang meningkat 26 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp83 miliar.

"Melihat proyeksi pertumbuhan di tahun 2011 yang sedemikian menggembirakan, namun dengan mempertimbangkan juga terhadap kondisi terkini yang kurang menguntungkan menyusul krisis ekonomi global dan banyaknya bencana alam catastrophe sehingga mendapatkan dukungan atau back up reasuransi yang kurang maksimal, maka Asuransi Wahana Tata menargetkan premi untuk tahun 2012 hanya meningkat sebesar 18 persen saja atau menjadi sebesar Rp1,56 triliun," ungkapnya.

Sehubungan dengan hal ini, maka strategi yang diambil manajemen adalah dengan terus melakukan inovasi pengembangan produk, mengembangkan jaringan pemasaran retail yang lebih luas, saluran distribusi yang beragam serta lebih mengembangan saluran distribusi keagenan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur Asuransi Wahana Tata Christian Wanandi menyatakan, dalam waktu singkat Asuransi Wahana Tata telah mengalami beberapa lompatan perubahan yang sangat signifikan, yaitu selama tahun 2011 tidak kurang dari tujuh kantor pemasaran baru telah dibuka, sehingga kini tercatat Asuransi Wahana Tata telah memiliki 55 kantor pemasaran yang didukung oleh sistem IT yang terpadu dan online di seluruh Indonesia.

"Tidak hanya itu, lompatan besar juga terjadi pada perolehan premi bruto yang meningkat 40 persen atau sebesar hampir Rp400 miliar, dengan komposisi sebesar 80 persen diperoleh dari bisnis corporate dan 20 persen dari bisnis retail, yang berarti telah melampaui target yang telah ditetapkan sebelumnya," ungkap Christian.

Setelah melalui beberapa tahapan dan proses yang panjang berupa sosialisasi, pembekalan, pemantapan, ujicoba dan evaluasi dengan hasil yang memuaskan, maka manajemen Asuransi Wahana Tata membulatkan tekad untuk melanjutkan program ini dengan menyusun skenario implementasi struktur organisasi secara “big bang” untuk wilayah lain yaitu Regional Jakarta, Regional Barat, dan Regional Timur.

Pada hari ini, Rabu (25/1/2012), dilaksanakan kick off sekaligus diresmikan beroperasinya Regional Office Jakarta yang membawahi sembilan kantor pemasaran di wilayah Jabotabeklam, yaitu Kantor Jakarta Rasuna, Kantor Jakarta Pondok Indah, Kantor Jakarta Senen, Kantor Jakarta Tanah Abang, Kantor Jakarta Kalibesar, Kantor Tangerang, Kantor Bekasi, Kantor Bogor, dan Kantor Lampung.

"Semuanya ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan bagi nasabah, yang sesuai dengan program 'New Service Experience' bagi seluruh customer dengan service campaign WE CARE (Welcome, Empathy, Creative, Accurate, Responsive dan Excellence) yang memberikan kenyamanan yang lebih serta kemudahan bagi customer dalam melakukan klaim dan permintaan cover asuransi," tuntasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5088 seconds (0.1#10.140)