Komponen masih impor, pemerintah belum dukung mobnas

Kamis, 26 Januari 2012 - 14:25 WIB
Komponen masih impor, pemerintah belum dukung mobnas
Komponen masih impor, pemerintah belum dukung mobnas
A A A
Sindonews.com - Mengambil pengalaman dari program mobil nasional (mobnas) terdahulu, maka ada sesuatu yang penting agar Esemka sebagai mobnas ini dapat segera berjalan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, mendukung produksi mobil nasional. "Tetapi kalau mobil nasional itu sudah mulai diproduksi, tentu Kementerian Perindustrian harus melakukan verifikasi," ujarnya kepada wartawan saat hendak rapat dengan Komisi VI DPR, Kamis (26/1/2012).

Dia menambahkan verifikasi yang dimaksud adalah tentang bagaimana komponennya. Apakah komponennya itu betul-betul komponen dari lokal. Serta apakah hak ciptanya sudah benar.

"Selanjutnya kriteria tersebut harus dimasukkan kategori produksi nasional. Kalau itu sudah, tentu Menteri Perindustrian akan mengusulkan satu bentuk intensif," ungkapnya.

Jika begitu, lanjutnya pihaknya akan merekomendasikan kalau seandainya itu sesuatu karya putra putri Indonesia. "Itu kita harus dukung," ungkapnya.

Akan tetapi, Agus menyampaikan jika sifatnya masih merakit atau barang komponennya masih impor dari China, Korea atau negara lain, tentu perlu waktu untuk mencapai suatu standard.

"Tetapi kami berusaha yang terbaik agar mobnas itu diluncurkan. Cuma kita sendiri harus tahu bahwa ada kriteria tertentu agar sesuai dengan standard perindustrian yang baik. Agar nantinya bisa masuk dalam usulan Kementrian Perindustrian, untuk bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah lebih lanjut," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7029 seconds (0.1#10.140)