Minimarket bisa bermitra dengan UKM

Kamis, 26 Januari 2012 - 17:09 WIB
Minimarket bisa bermitra...
Minimarket bisa bermitra dengan UKM
A A A
Sindonews.com - Keberadaan minimarket yang terus marak diberbagai daerah dinilai banyak kalangan hal ini menjadi suatu ancaman bagi para pelaku usaha kelontong maupun Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan yang ditemui saat hendak mengikuti rapat dengan Komisi VII DPR RI, Kamis (26/1/2012) menampik hal tersebut. "Kalau saya tidak melihat sebagai ancaman, karena semua sudah diatur," tambahnya.

Dia menambahkan sepanjang mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah maka semuanya akan baik-baik saja. Namun, kebanyakan masalah dalam keberadaan minimarket ini adalah karena peraturan yang dikeluarkan Pemerintah itu tidak ditaati.

"Kedua, sebenarnya waralaba minimarket itu bisa jadi mitra juga," ungkapnya. Sehingga menurutnya minimarket bukanlah pesaing dari UKM.

"Contohnya, Carrefour itu justru bisa jadi mitra UKM. Nah sekarang sudah jadi mitra. Banyak UKM-UKM menjadi suplier mereka. Bahkan ada beberapa corner khusus untuk UKM," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, justru yang bisa dikatakan persaingan adalah antara Carrefour dengan Alfamart dan sebagainya. Kendati demikian, ia berharap kepada sejumlah minimarket bisa bermitra kepada UKM. (ank)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2032 seconds (0.1#10.140)