107 UKM jalani proses inkubasi

Senin, 30 Januari 2012 - 09:02 WIB
107 UKM jalani proses inkubasi
107 UKM jalani proses inkubasi
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 107 usaha kecil menengah (UKM) tahun ini menjalani proses inkubasi melibatkan 40 inkubator bisnis dari 10 lembaga yang tersebar di seluruh Indonesia.

Deputi Pengembangan Usaha dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengatakan, sejak 1990-an Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Pengembangan Usaha dan Restrukturisasi Usaha telah melakukan inkubasi terhadap ratusan UKM yang memiliki produk lain dan memiliki daya jual tinggi. Program tersebut bertujuan meningkatkan inovasi UKM ataupun wirausaha.

Dia melanjutkan, UKM peserta inkubasi dibimbing oleh lembaga inkubator bisnis yang juga memfasilitasi penyediaan dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi UKM serta calon wirausaha.

Inkubator yang berasal dari perguruan tinggi tersebut diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha agar dapat berkembang menjadi usaha tangguh, profesional, mandiri dan berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

“Dengan model inkubator seperti ini, diharapkan lahir wirausaha baru di Indonesia yang memiliki daya saing tinggi di dunia usaha,” ujar Choirul saat menghadiri workshop Desain Pengembangan Inkubator Bisnis di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu. M

enurutnya, selama ini daya saing pelaku UKM di Indonesia terhadap industri besar di negara ini belum mumpuni. “Peran inkubator ini, memfasilitasi UKM yang terpilih untuk diinkubasi atau UKM tenant mendapatkan akses permodalan, membangun kemitraan dengan perusahaan promosi produk potensial,memberikan pelatihan dalam menjalani manajerial bisnisnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan menambahkan, kementerian yang dipimpinnya terus berupaya meningkatkan program peningkatan ekonomi UKM dan koperasi di seluruh Indonesia.

“Kita berharap semua UKM dapat menjalani usahanya dengan baik. UKM merupakan pelaku usaha yang sulit terkena dampak krisis ekonomi. Dengan tumbuh UKM secara tidak langsung dapat meningkatkan daya taraf hidup dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Syarif Hasan.

Dia menyebutkan, pada 2011 jumlah UKM di Indonesia tercatat sebanyak 55.206.444 unit. Jumlah tersebut naik 1.382.712 unit atau 2,56 persen dibanding 2010 yakni sebanyak 53.823.732 unit. Seluruh UKM ini telah menyerap tenaga kerja 101.722.458 orang pada 2011, naik 2,33 persen dibanding tahun sebelumnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)