Kurangi konsumsi BBM, PLN manfaatkan CNG

Rabu, 01 Februari 2012 - 06:09 WIB
Kurangi konsumsi BBM, PLN manfaatkan CNG
Kurangi konsumsi BBM, PLN manfaatkan CNG
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan memanfaatkan teknologi Compressed Natural Gas (CNG) untuk memenuhi kebutuhan energi primer pembangkit listrik, sekaligus untuk mengurangi konsumsi BBM yang selama ini masih digunakan untuk mengoperasikan beberapa pembangkit listrik.

Hal ini disampaikan Senior Manager Corporate Communication PLN Bambang Dwiyanto dalam keterangan persnya di Jakarta.

"Selain disebabkan oleh alokasi gas untuk pasar domestik yang masih belum mencukupi kesulitan mendapatkan pasokan gas juga disebabkan oleh ketidaksesuaian demand dan supply dalam hal lokasi, yaitu antara lokasi sumber gas tersedia dan lokasi kebutuhan gas yang tersebar," ujar Bambang.

Menurutnya antara volume gas yang tersedia dibandingkan dengan yang dibutuhkan dan tata waktu penyerapan gas dengan pola pemakaian listrik yang sangat besar pada malam hari, sehingga pemakaian gas tidak tetap/fluktuatif.

Dirinya mengatakan, salah satu upaya PLN dalam mengatasi kendala kurangnya pasokan gas yaitu dengan menyimpan gas lapangan (gas pipa) ke dalam bentuk CNG, sehingga dapat dibawa dalam jumlah volume yang sesuai ke lokasi yang membutuhkan dan diserap sesuai pola kebutuhan operasi pembangkit gas yang fluktuatif.

"Dengan cara ini PLN dapat meningkatkan nilai dari gas karena menggantikan BBM pada lokasi yang selama ini tidak ada pasokan gas maupun untuk pembangkit peaking yang saat ini masih memakai BBM," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)