PLN siap gunakan teknologi Marine CNG

Rabu, 01 Februari 2012 - 06:58 WIB
PLN siap gunakan teknologi Marine CNG
PLN siap gunakan teknologi Marine CNG
A A A
Sindonews.com - Pemanfaatan Compressed Natural Gas (CNG) guna menggantikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pembangkit listrik ternyata menghadapi kendala ketersediaan pasokan gas pipa di sekitar lokasi pembangkit.

"Untuk mengatasi permasalahan tidak tersedianya pasokan gas pipa di sekitar lokasi pembangkit. Sebagai terobosan PLN akan menggunakan CNG yang dikirim dari tempat lain dan ditransportasikan melalui laut. Teknologi yang dipakai dikenal dengan istilah Marine CNG," ungkap Senior Manager Corporate Communication PLN, Bambang Dwiyanto di Jakarta.

Sebagai Pilot Implementation, akan dilakukan dalam skala kecil, yaitu mengangkut CNG dari Gresik ke Lombok dengan konsumsi rata-rata 3 sampai dengan 6 juta kaki kubik per hari. Implementasi Marine CNG ini merupakan hal pertama di dunia, dan akan sangat membantu PLN dalam usaha menekan konsumsi BBM.

Dia juga menambahkan, kapasitas Marine CNG yang direncanakan sebesar 3 sampai dengan 6 juta kaki kubik akan dipakai sebagai sumber pasokan gas untuk Pembangkit Gas Peaking (beroperasi 6 jam per hari) dengan daya terpasang 100 MW. Konsumsi gas ini mampu menggantikan penggunaan BBM sebesar 51 juta liter per tahun sehingga terdapat potensi penghematan sekitar Rp200 miliar per tahun.

"Apabila proyek pertama ini berjalan sesuai rencana, teknologi Marine CNG selanjutnya akan diterapkan untuk lokasi-lokasi pembangkit gas lainnya dengan kapasitas yang sama atau lebih besar," pungkasnya.

Dirinya juga mengungkapkan PLN telah memetakan potensi pemanfaatan CNG untuk kawasan Indonesia Barat dan Timur. CNG akan diarahkan untuk memanfaatkan potensi sumur-sumur gas dengan kapasitas relatif kecil, sumur gas marginal, gas flare dan kelebihan pasokan gas sesaat akibat pola penyerapan gas yang fluktuatif. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6983 seconds (0.1#10.140)