PGN ogah garap jaringan gas kota

Selasa, 31 Januari 2012 - 19:59 WIB
PGN ogah garap jaringan gas kota
PGN ogah garap jaringan gas kota
A A A


Sindonews.com
- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengatakan belum memikirkan langkah untuk membangun jaringan pipa gas bumi untuk rumah tangga di daerah perkotaan dan lebih memilih membangun jaringan pipa di daerah-daerah.

"Pembangunan jaringan di perkotaan memerlukan belanja modal (capex) yang sangat tinggi dibandingkan daerah yang sedang berkembang, beda capex-nya melonjak hampir 400 persen," ujar Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso yang ditemui dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Dirinya mengatakan sebenarnya gas bumi untuk rumah tangga juga tidak ditetapkan sebagai kebijakan strategis untuk kepentingan umum. Sehingga support dari pemerintah masih sangat minim termasuk perizinan lahan.

"Apalagi pembayaran PBB untuk pipa yang letaknya di dalam tanah pun tiap tahun selalu naik dan pajak pipa yang pada dasarnya ada di dalam tanah tiap tahun naik, sehingga hitungan kami biayanya jauh lebih tinggi dari pada kami bangun di daerah yang berkembang," tegasnya.

Lalu, dirinya menambahkan jam kerja pendek yang juga menjadi penyebab pihaknya enggan membangun jaringan tersebut.

"Alat kita besar, masuk baru jam 20.00, baru mulai kerja dan selesai pada jam 03.00, jam 04.00 peralatan harus rapi lagi jangan sampai menganggu jalan, ini tentunya memakan biaya besar," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4592 seconds (0.1#10.140)