Dua BUMN tetap ajukan IPO

Rabu, 01 Februari 2012 - 13:52 WIB
Dua BUMN tetap ajukan IPO
Dua BUMN tetap ajukan IPO
A A A
Sindonews.com - Rencana pemerintah yang sebelumnya menyiapkan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah siap melakukan initial pubic offering (IPO) berujung hanya dua BUMN yang disiapkan.

Selain mendaftarkan beberapa anak usahanya yang telah siap melakukan IPO tahun ini. Pemerintah juga telah menyiapkan beberapa BUMN yang akan mengeluarkan obligasi.

"Tadinya kita siapkan tiga BUMN, tetapi dipertimbangkan lagi, kita hanya siapkan dua saja," ungkap Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis BUMN Pandu Djayanto di seminar BUMN, Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Pemerintah, memang akhirnya membatalkan rencana IPO PT Pegadaian dengan alasan bergerak di sektor usaha mikro sehingga sangat berdampak besar jika melantai di bursa. "Dua itu jadinya Semen Baturaja dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII kalau holding-nya sudah selesai," lanjut dia.

Pandu menuturkan, ada dua BUMN yang dijadwalkan melakukan right issue atau mengeluarkan penawaran saham berkelanjutan. "Ada Adhi Karya, tetapi dia harus mencari polanya dulu agar porsi pemerintah tetap di atas 50 persen, dan juga Kimia Farma," tambahnya.

Pandu juga mengatakan ada tiga BUMN yang siap mengeluarkan surat utang sebesar Rp250-300 miliar. "Ada tiga BUMN, di sektor manufaktur, perkebunan, dan jasa. Semoga nanti prosesnya bisa selesai di kuartal II atau III tahun ini," tandas dia.

Sayangnya, Pandu sendiri masih enggan menyebut nama pasti BUMN yang akan menerbitkan obligasi tersebut. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6311 seconds (0.1#10.140)