Pemkot Depok tambah saluran pipa gas rumah tangga

Rabu, 01 Februari 2012 - 17:32 WIB
Pemkot Depok tambah saluran pipa gas rumah tangga
Pemkot Depok tambah saluran pipa gas rumah tangga
A A A


Sindonews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana menambah saluran pipa gas alam untuk rumah tangga di beberapa kecamatan. Pasalnya, dari 27 ribu sambungan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat Depok, baru 4.000 kilometer yang digunakan.

“Sisanya akan kita berikan kepada pelanggan baru,” kata Wali Kota Nur Mahmudi Ismail di Balaikota, Rabu (01/02/12).

Rencananya, kata Nur Mahmudi, sisa saluran gas rumah tangga yang mencapai angka 23 ribu sambungan akan terus dikembangkan ke wilayah lain. “Saat ini permintaan pemasangan saluran gas rumah tangga meningkat,” ujarnya.

Nur Mahmudi memaklumi jika banyak masyarakat meminta dipasangkan pipa gas untuk rumah tangga. Hal tersebut lantaran pemakaian gas untuk rumah tangga lebih irit, tidak berisiko, tidak mencemarkan udara. “Saya bisa mengerti kenapa banyak masyarakat Depok yang tertarik menggunakan gas alam untuk rumah tangga,” paparnya.

Nur Mahmudi menuturkan, jika jatah saluran pipa gas untuk rumah tangga yang diberikan pemerintah pusat telah habis maka Pemkot Depok akan membangun saluran sendiri. Hal itu dilakukan untuk memenuhi keinginan masyarakat.

“Hanya saja, masyarakat harus mau menanggung biaya pembelian alat. Mumpung sekarang ini gas sedang di subsidi,” ujar Nur Mahmudi.

Sebelumnya, Penanggung Jawab Jaringan PT Jabar Energi Badan Pengelola Jaringan Gas Depok Agung Apriyanto mengatakan, pihaknya hanya mengenakan biaya abodemen kepada pelanggan untuk perawatan Metering Regulating Station (MRS) dan perawatan jaringan.

“Kita menggunakan sistem abodemen, besaran abodemen diklasifikasi berdasarkan kelas pengguna,” tandas Agung. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7823 seconds (0.1#10.140)