Facebook bersiap hadapi tantangan baru

Kamis, 02 Februari 2012 - 09:09 WIB
Facebook bersiap hadapi tantangan baru
Facebook bersiap hadapi tantangan baru
A A A
Sindonews.com – Chief Executive Facebook Mark Zuckerberg akan menghadapi tantangan baru saat perusahaan yang didirikannya mengajukan berkas penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) kemarin.

Aksi korporasi perusahaan media sosial yang didirikan pada 2004 silam itu memang salah satu yang ditunggu-tunggu para pelaku pasar. Nilai IPO-nya yang diperkirakan mencapai USD5 miliar–USD10 miliar menjadi sesuatu yang monumental bagi industri berbasis teknologi internet, sama seperti saat Google melepas sahamnya ke publik delapan tahun lalu. Facebook dan Google dalam dua tahun terakhir memang saling berkompetisi satu sama lain.

Sejumlah kalangan bahkan menilai persaingan kedua perusahaan itu, yang notabene dipimpin oleh generasi muda (Zuckerberg berusia 28 tahun, sementara pendiri Google Larry Page berusia 39 tahun) makin kencang.Kesuksesan Facebook menjaring pengguna juga memaksa Google membuat layanan yang serupa dengan Facebook, yakni Google+.

Melihat ekspansi perusahaan yang agresif dalam beberapa tahun terakhir, para analis memperkirakan persaingan kedua sosok tersebut akan menyamai ikon perusahaan teknologi informasi dari Silicon Valley sebelumnya, yakni Bill Gates, si pendiri Microsoft, dan Steve Jobs yang membuat produk- produk inovatif bersama Apple Inc-nya.

”Page lebih seperti Gates, dia memiliki posisi dominan dan masuk di pasar yang beragam dengan Google-nya. Sementara Zuckerberg adalah sosok yang evangelist, sama seperti Jobs,” tulis Larry Dignan, editor in chief pada situs ZDNet seperti dikutip CBS News kemarin. Media-media AS memberitakan, kemarin.

Facebook mengajukan dokumen IPO kepada regulator setempat. Situs berita International Financial Review (IFR) mengutip sumber yang dekat dengan aksi korporasi tersebut melaporkan, dalam IPO itu Facebook bahkan telah menunjuk penjamin emisi, yakni Morgan Stanley dan empat bank investasi ternama lainnya.

”Target awal IPO adalah USD5 miliar dan bisa saja bertambah dalam beberapa bulan ke depan, tergantung respons permintaan investor. Adapun keempat bank investasi di samping Morgan Stanley adalah Goldman Sachs, Bank of America Merrill Lynch, Barclays Capital,dan JP Organ,” tulis IFR seperti dikutip Reuters.

IFR melaporkan, Morgan Stanley merupakan institusi keuangan global yang berpengalaman menangani IPO perusahaan-perusahaan besar berbasis internet. Tahun lalu, Morgan Stanley sukses menjadi penjamin emisi situs Grupon dan Zynga.

Meski demikian, Morgan Stanley tetap tidak bisa mencegah kejatuhan harga saham Zynga yang pada hari pertama IPO pada Desember lalu melemah lima persen. Sayangnya, Facebook menolak berkomentar mengenai laporan dari media yang merupakan unit bisnis dari Thomson Reuters itu. Sebelumnya para analis memperkirakan, IPO Facebook akan mampu meraup dana sekitar USD10 miliar sehingga akan mengangkat nilai kapitalisasi pasar situs jejaring sosial beranggotakan 800 juta orang itu menjadi USD100 miliar.

Menurut firma riset Com-Score, pangsa pasar iklan display Facebook di AS mencapai 27,9 persen sepanjang 2011, naik tujuh persen dibandingkan 2010. Pangsa pasar sebesar itu jauh di atas pesaingnya, yakni Yahoo Inc, yang hanya menikmati kue iklan 11 persen pada 2011.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6401 seconds (0.1#10.140)