Pemerintah akan tetap naikkan TDL

Kamis, 02 Februari 2012 - 15:15 WIB
Pemerintah akan tetap naikkan TDL
Pemerintah akan tetap naikkan TDL
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mengatakan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dilakukan agar pengelolaan keuangan negara dapat dilakukan dengan baik guna mengantisipasi jebolnya subsidi listrik yang terjadi setiap tahunnya. Berdasar hal tersebut pemerintah tetap berharap kenaikan TDL dapat dapat terlaksana tahun ini.

"Saya mengharapkan kebijakan kenaikan TDL bisa dilakukan dan dilaksanakan paling lambat April 2012. Karena kalau seandainya tidak dilakukan penyesuaian harga itu subsidi kita di listrik akan membesar," ungkap Menteri Keuangan Agus DW Martowardjojo dalam Rapat kerja Pengesahan DIM Rancangan Undang-undang Piutang Negara dan Piutang Daerah (PNPD) Komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Selain itu, pihaknya mewaspadai adanya penggunaan subsidi listrik yang selalu terlampaui. Menurutnya, dengan pengurangan subsidi tersebut, maka anggaran subsidi listrik dapat lebih efisien, sehingga APBN yang telah ditetapkan dapat dijaga dengan baik.

Dia menambahkan, dengan efisiensi subsidi tersebut, maka dananya dapat dialokasikan untuk program-program lainnya khususnya program peningkatan kesejahteraan rakyat. "Jadi ini sesuatu yang secara pengelolaan keuangan kurang baik, sehingga harus dilakukan," tegas dia.

Oleh karena itu, dia berharap kesepakatan antara pemerintah dan DPR dapat segera disetujui, sehingga kebijakan ini dapat dilakukan sesegera mungkin. "Saya tentu mengharapkan pembicaraan pemerintah dengan komisi VI sudah diizinkan untuk menyesuaikan listrik dan biar dilaksanakan oleh PLN dengan baik," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6774 seconds (0.1#10.140)