Dukung gerakan cinta produk dalam negeri

Minggu, 05 Februari 2012 - 12:03 WIB
Dukung gerakan cinta produk dalam negeri
Dukung gerakan cinta produk dalam negeri
A A A


Sindonews.com - Para pendiri Ratimaya.com berkomitmen, bisnis mereka harus mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) yang telah dicanangkan pemerintah. Kedengarannya memang cukup idealis. Namun, itulah semangat anak muda yang harus dihargai karena di tengah gempuran produk fesyen asing ke Tanah Air, ternyata masih ada yang peduli mengusahakan produk lokal agar lebih diterima masyarakat.

“Dengan mempelajari dunia fesyen dari beberapa perancang lokal dan orang yang sudah lama terjun di dunia itu, kami memutuskan melakukan satu gerakan yang bisa memajukan nama fesyen Indonesia melalui situs,” ucap Putra Sukardi, CEO Ratimaya.com, beberapa waktu lalu.

Putra mengaku, tim Ratimaya tidak mempunyai kantor tetap. Mereka hanya bertemu beberapa kali di sembarang tempat seperti kafe atau mal. Untuk itu, mereka sangat mengandalkan teknologi dalam berkomunikasi satu sama lain.

Alhasil, pertemuan mereka kebanyakan dilakukan secara virtual mengandalkan perangkat mobile. Kendati demikian, para pendiri Ratimaya berharap hal itu bisa menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya sehingga tertarik untuk menjalankan bisnis serupa.

Usaha ini dianggap paling feasible karena tidak butuh modal besar dan bisa menjual apa pun hasil kreasi diri sendiri maupun orang lain. “Kalau mereka tidak pernah coba, tidak akan tahu. Berani untuk menjalani apa saja yang mereka mau. Apa pun itu,” ucap Sakti.

Daan berpendapat, industri fesyen akan terus berkembang dimasa mendatang. Terbukti, nama-nama baru di dunia fesyen juga semakin banyak bermunculan. Fesyen saat ini sebenarnya sudah menjadi kebutuhan primer dan hal itu menjadikan potensi dan budaya baru.

Hal senada dikatakan Putra. Menurutnya, industri fesyen akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan industri kreatif. Kondisi ini sejalan dengan konsep di sektor belanja online yang terus berkembang sesuai kemajuan teknologi.

“Dengan fasilitas internet kita bisa akses situs apa saja, dan bisnis e-commerce tidak terbatas antara jarak dan waktu.Itulah kenapa kita pilih online,”katanya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)