Kapasitas PLTU Tanjung Jati 2.640 MW

Senin, 06 Februari 2012 - 19:50 WIB
Kapasitas PLTU Tanjung Jati 2.640 MW
Kapasitas PLTU Tanjung Jati 2.640 MW
A A A


Sindonews.com - PT PLN (Persero) menyampaikan Unit 4 PLTU Tanjung Jati B ekspansi Unit 3 dan 4 telah beroperasi penuh dengan kapasitas terpasang 2 x 660 MW. Saat ini total kapasitas terpasang PLTU Tanjung Jati B dari 4 unit mesin pembangkit mencapai sekira 2.640 MW.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan, keberadaan PLTU Tanjung Jati B ini memberikan sumbangsih yang signifikan dalam kelistrikan di Indonesia, khususnya pada sistim kelistrikan Jawa-Bali.

"Dari total kapasitas PLTU Batubara yang mencapai 13.000 MW, lebih dari 20 persen-nya merupakan sumbangan dari PLTU Tanjung Jati B dengan total kapasitas 2.640 MW," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/2/2012).

Menurutnya, kehadiran PLTU Tanjung Jati B ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kepercayaan dan keyakinan investor untuk menanamkan investasinya di Jawa Tengah.

"Ketersediaan listrik di Jateng itu sudah surplus, sehingga hal ini diharapkan bisa lebih mendorong tumbuhnya investasi dan industri-industri besar di wilayah Jateng. Dengan demikian, akan dapat meningkatkan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," tegasnya.

Sementara itu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, pemerintah akan terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang terus meningkat. Energi dan sumber daya mineral harus benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

"Penyediaan listrik nasional juga akan terus diupayakan dengan menggunakan energi alternatif yang lebih murah untuk mengurangi penggunaan BBM yang harganya semakin mahal dan cadangannya pun kian menipis. Saya juga berpesan agar pengoperasian setiap pembangkit listrik harus benar-benar memprioritaskan safety dan menjaga kelestarian lingkungan hidup," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)