Yawadwipa Companies siap beli Bank Mutiara

Senin, 06 Februari 2012 - 20:49 WIB
Yawadwipa Companies siap beli Bank Mutiara
Yawadwipa Companies siap beli Bank Mutiara
A A A


Sindonews.com - Yawadwipa Companies, perusahaan asal Singapura, mengaku telah menyampaikan minat secara resmi kepada penasihat keuangan PT Bank Mutiara Tbk (ex Bank Century) untuk mengakuisisi Bank tersebut dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Presiden Direktur Yawadwipa C. Christopher Holm mengatakan, Yawadwipa siap mengakuisisi 100 persen saham Mutiara dengan Harga Aman yaitu sekitar Rp6,7 triliun, atau dengan tingkat suku bunga, sekitar USD750 juta.

Selain mengakuisisi penuh, kata dia, perusahaan juga menyediakan penambahan modal langsung untuk meningkatkan rasio modal dan mempercepat pertumbuhan.

"Yawadwipa berharap untuk mendiskusikan kepentingan strategis di Bank dengan berbagai pelaku di sektor publik dan swasta," ungkapnya dalam keterangan pers.

Holm menjelaskan, misi menyeluruh Yawadwipa adalah mengembangkan bank pedagang Indonesia serta melalui upaya kolaboratif dan kemitraan.

"Yawadwipa yakin platform Mutiara terdiri dari berbagai bisnis yang menarik dan telah membuktikan dirinya sendiri sebagai inovator saat memulihkan kepercayaan selama lebih dari tiga tahun terakhir," tambahnya.

Selain itu Holm mengaku terinsipirasi dari proses akuisis BCA dimana pada tahun 2002, sebuah konsorsium ekuitas swasta (Farallon Capital) dan mitra lokal (Djarum Group) berhasil mengakuisisi BCA dari pemerintah, dan BCA berkembang menjadi lembaga penyimpanan yang paling bernilai tinggi di Indonesia.

"Konsisten dengan konsorsium BCA, Yawadwipa akan bekerja sama dengan LPS dan pihak lain untuk mengatasi setiap masalah dan hal-hal yang terkait dengan ekuitas swasta, kumpulan modal atau kepemilikan konsorsium dan dapat memanfaatkan pelaku utama tertentu yang terlibat dalam proses BCA tahun 2002," tukasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6912 seconds (0.1#10.140)