BSM fokus pembiayaan mikro

Selasa, 07 Februari 2012 - 13:41 WIB
BSM fokus pembiayaan mikro
BSM fokus pembiayaan mikro
A A A


Sindonews.com – Branch Manager (BM) PT Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Palembang Indra Kesuma Yuzar menegaskan, keberadaan Kantor Cabang Utama (KCU) BSM di Jalan Jenderal Sudirman sebagai Kantor Cabang Pembantu (KCP) BSM untuk memudahkan pelayanan kepada nasabah sekaligus mengoptimalkan pembiayaan pada segmentasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tak hanya itu, dalam waktu dekat pihaknya akan meningkatkan status KCP Patal dan KCP Lubuklinggau menjadi Kantor Cabang (KC). “Pada semester I/2012 ini mudah-mudahan dengan adanya peningkatan status KCP menjadi KC dapat lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya nasabah BSM,” terangnya di Palembang Selasa (7/2/2012).

Tahun ini pihaknya telah mengalokasikan dana untuk penyaluran pembiayaan khusus segmen mikro mencapai Rp60 miliar, naik dibandingkan tahun 2011 yang hanya Rp30 miliar. Dia menilai prospek bisnis pada segmentasi mikro di Palembang masih terbuka lebar. Bahkan, bank asing ikut memberanikan diri melakukan ekspansi dan berorientasi pada segmen bisnis mikro.

“Sebagai bank syariah, peluang ini tidak boleh lepas begitu saja dan kami tetap memfokuskan pada pembiayaan mikro. Bisnis kecil ini sangat likuid dengan tingkat kesadaran pelaku usaha dalam membayar angsuran sangat baik. Tahun 2011 saja total pembiayaan BSM mencapai Rp450 miliar dan sekitar 60 persen diperuntukkan bagi mikro,” kata Indra.

Sementara itu, Komisaris Utama BSM Ahmad Marzuki menyatakan, pertumbuhan signifikan dirasakan semua sektor yang ada di perbankan, mulai aset, laba, pembiayaan, hingga dana pihak ketiga (DPK).

“Secara nasional saja hingga 31 Desember 2011, BSM berhasil membukukan pencapaian aset mencapai Rp48,7 triliun, DPK terealisasi Rp42,7 triliun dengan rincian giro Rp4,69 triliun, tabungan Rp14 triliun, dan deposito Rp23,5 triliun,” tuturnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4619 seconds (0.1#10.140)