Indosat selesaikan penjualan 2.500 menara

Kamis, 09 Februari 2012 - 06:24 WIB
Indosat selesaikan penjualan 2.500 menara
Indosat selesaikan penjualan 2.500 menara
A A A
Sindonews.com - PT Indosat Tbk telah menandatangani dokumen perjanjian dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk dan anak perusahaan PT Solusi Menara Indonesia untuk penjualan dan penyewaan kembali 2.500 menara telekomunikasinya.

"Perjanjian ini memungkinkan kita untuk menguangkan sebagian aset non-inti kami dengan nilai yang menarik. Hal ini sejalan dengan strategi kami. Penjualan ini membuka nilai dari sebagian bisnis menara kami dan membebaskan modal untuk diinvestasikan kembali ke dalam bisnis inti," ungkap Presiden Direktur dan CEO Indosat, Harry Sasongko dalam rilisnya.

Dirinya juga menjelaskan berdasarkan ketentuan penjualan, Indosat akan menyewa menara yang dijual untuk jangka waktu minimum 10 tahun sesuai harga pasar. Dengan pengalihan kepemilikan menara ini, menurutnya Indosat akan menikmati penghematan signifikan dari sisi pengeluaran untuk belanja modal dan operasional aset menara.

"Transaksi ini merupakan bagian dari strategi Indosat untuk memberikan nilai atau meningkatkan produktivitas aset non-inti. Mengingat peta persaingan dalam bisnis menara bersama dan dinamika pertumbuhan industri," ungkapnya.

Dia juga mengharapkan transaksi ini dapat membuka kemungkinan bagi Indosat untuk semakin fokus pada layanan inti nirkabel dan mengoptimalkan operasi dan biaya.

"Tower Bersama memiliki komitmen jangka panjang kepada industri menara dan Indonesia dan kami berharap dapat bekerja dengan mereka untuk jangka yang panjang," tandasnya.

Perkiraan nilai total penjualan ini adalah sebesar USD519 juta yang dibagi atas pembayaran dimuka sebesar USD406 juta dan potensi pembayaran maksimal yang ditangguhkan sebesar USD113 juta. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8371 seconds (0.1#10.140)