Apindo jangan provokasi perusahaan tangguhkan UMK

Kamis, 09 Februari 2012 - 13:10 WIB
Apindo jangan provokasi perusahaan tangguhkan UMK
Apindo jangan provokasi perusahaan tangguhkan UMK
A A A
Sindonews.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam aliansi serikat buruh (SB)/serikat pekerja (SP) se-Tangerang Raya, Kamis (9/2/2012) siang, melangsungkan aksi damai sosialisasi revisi UMK Tangerang 2012. Dalam sosialisasi kali ini buruh meminta Apindo untuk tidak memprovokasi perusahaan mengajukan penangguhan pembayaran UMK.

Dalam aksi tersebut, para buruh mendapat pengawalan dari kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya tindakan anarkis. Sebelumnya ratusan buruh ini berkumpul di Kawasan Industri Manis Jaya, Kecamataan Jatiuwung, Kota Tangerang.

Buruh lalu melakukan konvoi dengan menggunakan sepeda motor hingga Kawasan Industri Telesonic. Mereka juga membagikan brosur kepada masyarakat dan ke tiap perusahaan yang mereka lewati.

"Apindo jangan sampai memprovokasi perusahaan-perusahaan di Tangerang Raya untuk tidak menjalankan SK Revisi UMK dan Upah Sektoral 2012 yang telah ditetapkan oleh Gubernur Banten. Dan juga jangan sampai memprovokasi perusahaan untuk mengajukan penangguhan pembayaran UMK," kata kordinator aksi, Poniman.

Buruh meminta seluruh pengusaha harus menjalankan SK Revisi UMK dan Upah Sektoral 2012 tanpa terkecuali. Selain itu, ia meminta agar pemerintah melakukan pengawasan secara tegas dan memberikan sangsi tegas kepada perusahaan yang tidak menjalankan ketetapan Gubernur.

"Kita harus kawal UMK ini hingga tuntas, kami juga minta pemerintah bertindak tegas dan tidak tebang pilih bila ada perusahaan yang membandel ya diberi sanksi," tegasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5980 seconds (0.1#10.140)