Kredit KUR BPD capai Rp3,7 T

Jum'at, 10 Februari 2012 - 20:12 WIB
Kredit KUR BPD capai Rp3,7 T
Kredit KUR BPD capai Rp3,7 T
A A A
Sindonews.com - Realisasi kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan melalui 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) pada tahun lalu mencapai Rp3,71 triliun. Jumlah ini melebihi target yang telah ditetapkan sebesar Rp2,75 triliun.

"Sesuai dengan Surat Keputusan Menko Perekonomian selaku Komite Kebijakan Penjamin Kredit/Pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi, telah ditetapkan 13 BPD sebagai Bank Pelaksana KUR. Realisasi penyaluran KUR hingga Desember 2011 adalah Rp3,71 triliun atau sebesar 135 persen dari total target Rp2,75 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 74.721 orang," ucap Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Winny Erwindia pada acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-XII, di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Keberhasilan di penyaluran KUR pada 2011 ini, kata Winny, mendorong Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang telah menetapkan 13 BPD lagi sebagai pelaksana baru KUR pada tahun ini.

Dengan demikian, 26 BPD telah menjadi pelaksana KUR dengan target penyaluran sebesar Rp5,25 triliun. Keberhasilan itu antara lain bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dalam penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bersubsidi yang dikenal dengan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Selain di sektor perumahan, Asbanda juga telah berhasil memfasilitasi program kredit sindikasi di bidang pembangunan infrastruktur di daerah. Menurut Winny, sebanyak 23 BPD telah menandatangani kredit sindikasi proyek PLN untuk membangun 13 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) senilai Rp4,732 triliun di beberapa provinsi, antara lain NTT, dan Maluku Utara.

"Melalui Musyawarah Kerja Nasional ini, Asbanda dan Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI) bertekad mewujudkan sistem perbankan yang efisien guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Sehingga, BPD benar-benar tampil sebagai Regional Champion,” tegas Winny. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7209 seconds (0.1#10.140)