Apple gugat paten Motorola & Qualcomm

Senin, 13 Februari 2012 - 12:11 WIB
Apple gugat paten Motorola & Qualcomm
Apple gugat paten Motorola & Qualcomm
A A A
Sindonews.com - Gugatan terkait lisensi paten di antara pembesut smartphone tampaknya akan masih terus berlangsung. Gugatan terbaru kali ini dilakukan Apple pada akhir pekan lalu kepada menggungat Motorola Mobility di pengadilan Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan yang masuk di pengadilan federal San Diego, Motorola Mobility tersandung masalah lisensi paten di bawah kerja sama antara Motorola dan Qualcomm. Seperti diketahui, Apple dan Motorola sudah terlibat perang lisensi paten yang mempertaruhkan jutaan dolar.

Sayangnya juru bicara Motorola Christa Smith enggan membeberkan komentar mengenai spesifikasi kasus yang dihadapi perusahaanya, tetapi dia mengatakan akan terus melawan demi melindungi hak patennya.

Dilansir melalui Reutres, Senin (13/2/2012), perwakilan Apple juga enggan memberikan komentarnya dan pihak Qualcomm tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya terkait masalah ini.

Yang jelas, Apple mengatakan bahwa sebagai pemilik salah satu lisensi paten Qualcomm, Apple adalah penerima manfaat pihak ketiga dari perjanjian Motorola dengan Qualcomm. Menurut Apple, hak paten Motorola telah habis.

Sekedar informasi, Apple juga pernah terlibat aksi saling tuntut pada tahun lalu dengan Samsung. Perusahaan teknologi raksasa ini mengajukan lusinan gugatan ke pengadilan untuk memperebutkan pangsa pasar komputer tablet dan ponsel pintar yang sedang naik daun.

Tindakan saling gertak Apple dan Samsung mulai serius ketika pada April 2011, Apple mulai memproses lewat langkah hukum. Saat itu, Apple menuduh Samsung telah mencontek desain iPhone dan iPad, produk ponsel pintar dan komputer tablet keluaran Apple.

Untuk menengahi aksi saling gugat seperti yang dilakukan Samsung dan Apple, para pembuat peraturan di Eropa pekan ini melakukan investigasi guna melacak apakah gugat menggugat telah mempengaruhi kompetisi pasar perangkat bergerak (mobile device) di Eropa. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)