Kembangkan mobnas butuh sinergi asing-lokal

Senin, 13 Februari 2012 - 20:07 WIB
Kembangkan mobnas butuh sinergi asing-lokal
Kembangkan mobnas butuh sinergi asing-lokal
A A A
Sindonews.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mendorong kerja sama antara prinsipal mobil lokal dan asing untuk mengembangkan mobil nasional (mobnas). Menurut Hidayat, kerja sama itu memang dibutuhkan, karena tidak mungkin seluruh modal dikeluarkan oleh Indonesia.

“Misalnya, harus 100 persen modal Indonesia, saya pikir tidak bisa. Kalau majority dipegang Indonesia, itu bisa. Jadi majority dipegang Indonesia. Masih bisa join venture. Saya pikir begitu lebih realistis,” kata Hidayat di Jakarta, Senin (13/2/2012).

Hidayat mengaku, pihaknya sudah berbicara dengan tiga prinsipal mobil asal Asia untuk membicarakan adanya peluang kerja sama tersebut. Menurut Hidayat, diperlukan adanya kesepakatan lebih lanjut dengan tiga prinsipal tersebut.

“Saya mau rapatkan dulu. Nanti kalau kita sudah sepakat, kira-kira mau mulai di segmen yang mana. Ini harus dimulai dengan sukses. Kalau memulai di 2014 tidak sukses, anda mengenal saya sebagai menteri yang gagal,” jelasnya.

Prinsipal-prinsipal Asia tersebut, lanjutnya, lebih mengetahui soal pasar automotif. “Mereka lebih efisien dan mengetahui soal market. Beberapa produsen China masuk ke Indonesia tapi tidak dapat market karena tidak dapat jaringan penjualan. Pembeli mobil takut, meski harga murah tapi tidak ada jaminan after sales,” paparnya.

Dia menambahkan, kriteria, definisi, serta langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan mobnas harus ditentukan.

“Saya menunggu dipanggil DPR RI, supaya ada kesepakatan-kesepakatan. Tekad saya mendorong lahirnya mobnas. Dari awal kita musti sepakat dulu kriteria, definisi, lalu apa yang musti dilakukan,” tandasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)