Ekspansi Ciputra di Sulsel target penjualan Rp400 M

Rabu, 15 Februari 2012 - 10:45 WIB
Ekspansi Ciputra di Sulsel target penjualan Rp400 M
Ekspansi Ciputra di Sulsel target penjualan Rp400 M
A A A


Sindonews.com - Ciputra Grup terus mengembangkan sayap usahanya ke berbagai wilayah di Tanah Air. Salah satunya melalui pengembangan properti berupa dua kawasan residensial di wilayah Hertasning, Gowa, Sulawesi Selatan.

Proyek-proyek yang berada di bawah payung PT Ciputra Development Tbk (CTRA) itu ditargetkan mampu memberikan kontribusi marketing sales sebesar Rp400 miliar tahun ini.

“Untuk Citraland Celebes, penjualan tahun ini kami targetkan Rp300 miliar. Sementara, Citra Garden diharapkan mencapai sekitar Rp100 miliar,” ujar GM Operasional Ciputra Makassar Lauw Hendra di Makassar, Selasa 14 Februari 2012.

Dia mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, perseroan akan membangun dua hingga tiga kluster baru di masing-masing wilayah tersebut. Pembangunan kluster-kluster baru tersebut, dilakukan seiring telah habis terjualnya kluster-kluster sebelumnya.

Hendra mengatakan, Citraland memiliki luas lahan 40 ha, 20 ha di antaranya telah dikembangkan dan telah terjual. Perumahan yang memiliki tipe 80 hingga 300, diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas dengan harga jual Rp800 juta hingga Rp3 miliar.

Sejauh ini banyak peminat kluster yang telah diluncurkan sebelumnya. Tahun ini, lanjut dia, perseroan akan membangun dua hingga tiga kluster di lahan seluas 6–9 ha. Masing-masing kluster memakan lahan seluas 3 ha. “Target kami sisa 20 ha lahan itu bisa dibangun dalam dua tahun ke depan,” katanya.

Sementara menurut Hendra, Citra Garden merupakan perumahan yang diperuntukkan untuk kelas menengah ke bawah dengan harga Rp200 juta hingga Rp600 juta. Saat ini lahan yang telah dikembangkan dan di jual di perumahan yang memiliki tipe 30–80 itu, mencapai 10 ha dari 18 ha lahan yang dimiliki.

Tahun ini akan ada dua atau tiga kluster yang akan dibangun. Masing-masing kluster memakan lahan seluas 2 ha. “Sama seperti Citraland, kami juga akan menyelesaikan pembangunan sisa lahan di Citra Garden dalam dua tahun ke depan,” tuturnya.

Sementara, kebutuhan belanja modal (capital expenditure/capex) proyek tersebut mencapai Rp150 miliar per kluster atau secara total mencapai Rp500 miliar. Anggaran tersebut menurutnya merupakan bagian dari anggaran capex Ciputra Development.

Saat ini Ciputra juga tengah mencari lahan baru yang potensial guna residensial serta komersial. Perseroan juga menjajaki kemungkinan pembangunan hotel di kawasan Sulawesi Selatan. “Untuk hotel, menjadi rencana berikutnya, karena prospek di sini juga sangat prospektif,” tuturnya.

Sebelumnya Direktur CTRA Tulus Santosa mengatakan, kebutuhan anggaran capex perseroan tahun ini mencapai Rp2 triliun. Anggaran tersebut akan dialokasikan pengembangan proyek-proyek CTRA di berbagai daerah dan juga kebutuhan dua anak usaha, yaitu PT Ciputra Property Tbk (CRTP) dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS). (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5260 seconds (0.1#10.140)