OJK ditakutkan jadi komoditas politik

Rabu, 15 Februari 2012 - 16:30 WIB
OJK ditakutkan jadi komoditas politik
OJK ditakutkan jadi komoditas politik
A A A
Sindonews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai sebuah lembaga independen yang akan terbentuk dengan ruang lingkup yang sangat besar, dengan mengawasi kurang lebih 3.600 lembaga keuangan dan perputaran dana ribuan triliun ditakutkan akan menjadi komoditas politik nantinya.

"Untuk saat sekarang saja kita memasuki masa transisi dan pembentukan OJK, disini sudah rawan sekali dan dijaga dengan ketat agar tidak ada unsur politis yang masuk," ucap Wakil Presiden Direktur permata Bank Herdiwayatmo ketika menjadi pembicara pada sebuah seminar di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (15/2/2012).

Dia menambahkan bahwa pihak perbankan nantinya akan menjadi pihak yang paling dirugikan jika para dewan komisioner yang terpilih hanya berdasarkan politisasi.

"Para dewan komisioner termasuk ketua OJK nantinya akan dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan saya harapkan orangnya pun harus benar-benar independen," tambahnya.

Hal yang senada juga sempat diungkapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad pada acara yang sama bahwa dia menekankan Dewan Komisioner yang terpilih memiliki banyak kesempatan untuk melakukan yang terbaik maupun yang terburuk.

"Pentingnya masa transisi ini adalah untuk menyiapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan OJK bahkan siapapun pelaksananya nanti dapat melakukan sesuatu hal yang memang diharapkan para pelaku industri keuangan. Jadi maksimalkan sebelum benar-benar dilaksanakan 2014 nanti," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7936 seconds (0.1#10.140)