Juni, Presiden Bank Dunia pensiun

Kamis, 16 Februari 2012 - 11:17 WIB
Juni, Presiden Bank...
Juni, Presiden Bank Dunia pensiun
A A A
Sindonews.com - Presiden Bank Dunia Robert Zoellick menyampaikan keputusannya bahwa ia akan meninggalkan jabatannya pada Juni mendatang karena masa jabatannya yang telah habis.

Kepada Reuters Robert Zoellick mengatakan bahwa ini merupakan keputusan pribadinya dan tidak ada tekanan dari pemerintah Obama. Ia mulai menjabat sebagai Presiden Bank Dunia sejak tahun 2007.

"Saya merasa sangat terhormat dapat memimpin sebuah organisasi berkelas dunia, dimana banyak orang berbakat dan juga luar biasa. Bersama kami memfokuskan kegiatan membantu perkembangan negara berkembang untuk keluar dari krisis ekonomi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan ekonomi global" ungkap Zoellick dalam sebuah email yang ia berikan kepada World Bank, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (16/2/2012).

Di bawah naungan Zoellick, World bank telah berhasil menyediakan dana bantuan terhadap negara berkembang sebanyak USD247 miliar, untuk meningkatkan pertumbuhan dan mengatasi kemiskinan.

"Kondisi World Bank saat ini sangat kuat, sehat dan siap menghadapi berbagai jenis tantangan baru, dan ini hal yang umum sudah saatnya saya mundur dan memberikan jabatan saya pemimpin yang baru" ungkap Zoellick

Selama empat bulan mendatang saya akan tetap fokus 100 persen pada pekerjaan saya, sebagai pemimpin World Bank saya akan terus melakukan berbagai kampanye program sampai saatnya tiba.

Menanggapi keputusan Zoellick, pihak Washington dalam beberapa minggu ke depan berjanji akan membuka pendaftaran dan seleksi bagi calon pemimpin sebuah lembaga keuangan multilateral dunia ini.

Proses pencalonan kandidat baru bagi pemimpin baru World Bank mendatang tidak akan seketat kompetisi pencarian calon beberapa waktu lalu. Negara berkembang berharap pengganti Zoellick berasal dari negara berkembang, nampaknya kandidat dari Amerika masih menjadi calon yang kuat.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0550 seconds (0.1#10.140)