DBS Bank siap salurkan kredit UKM Rp12 T

Kamis, 16 Februari 2012 - 18:33 WIB
DBS Bank siap salurkan kredit UKM Rp12 T
DBS Bank siap salurkan kredit UKM Rp12 T
A A A


Sindonews.com - PT DBS Bank Indonesia mengaku menargetkan penyaluran kredit di segmen small Medium Enterprise (SME) atau UKM di Indonesia sebesar Rp12 triliun pada tahun 2012.

Head of Small Medium Enterprise Banking DBS Indonesia Jayanta Kumar Roy mengatakan, dengan menjadikan sektor SME sebagai salah satu pilar bisnis utamanya, DBS Indonesia berharap dapat mengontribusikan 50 persen dari total kredit bank ke bisnis SME dalam lima tahun mendatang.

"SME adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia yang tetap stabil dan harus memposisikan diri secara tepat untuk mendukung SME agar menjadi lebih bankable," ujarnya dalam keterangan persnya, Kamis (16/02/2012).

Selain UKM, di industri sektor yang paling banyak mendapatkan penyaluran dana dari bisnis SME DBS adalah pertambangan, pertanian, manufaktur, dan infrastruktur. "Di masa yang akan datang, DBS akan terus memperkuat sektor-sektor tersebut," tegasnya.

Namun demikian, dia memberikan catatan bahwa masih terdapat tiga hambatan utama bisnis SME dalam mengakses institusi keuangan. Pertama, SME dinilai oleh investor dan kreditor sebagai sektor yang memiliki risiko gagal bayar tinggi karena keterbatasan aset dan modal yang rendah.

Kedua, informasi yang tidak komprehensif mengenai laporan keuangan SME mengakibatkan kreditor dan investor kesulitan melihat tingkat kelayakan kredit dalam proposal SME yang potensial. Ketiga, tingginya biaya administrasi atau biaya transaksi yang membuat penyaluran dana atau investasi ke SME menjadi bisnis yang tidak banyak menguntungkan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3822 seconds (0.1#10.140)