Swiss bantu wujudkan bandara Kulonprogo

Senin, 20 Februari 2012 - 10:37 WIB
Swiss bantu wujudkan bandara Kulonprogo
Swiss bantu wujudkan bandara Kulonprogo
A A A


Sindonews.com – Pemerintah Swiss mendukung rencana pembangunan bandar udara (bandara) internasional di Kulonprogo, termasuk kemungkinan pendanaan pembangunan yang selama ini menjadi kendala. Pemerintah Swiss juga siap berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I.

“Pemerintah Swiss siap mendukung pembangunan bandara,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss Djoko Susilo, saat melakukan kunjungan kerja di Kulonprogo, Sabtu 18 Februari 2012.

Rombongan diterima Wakil Bupati Sutedjo, didampingi pejabat teras lingkungan Pemkab Kulonprogo. Djoko Susilo datang ke Kulonprogo membawa dua orang investor yang lama tinggal di Swiss. Mereka adalah Walter Bizzari, Asistent Management Swiss Department asal Prancis dan seorang funding perbankan Eropa, Martin Eppacer. Mereka juga didampingi Ketua Hipmi pusat Raja Okto Saptari, Ketua Hipmi DIY Lilik Syaiful Ahmad dan sejumlah pengusaha muda DIY.

Pembangunan bandara yang diperkirakan menghabiskan dana hingga USD350 juta memang cukup berat untuk ditanggung oleh Indonesia. Namun bagi Swiss, dana sebanyak ini tidak sulit dicarikan dengan catatan kepastian iklim investasi dan kondisi masyarakat kondusif. “Begitu ada perjanjian kerja sama langsung action,” ujarnya.

Rombongan Kedubes Swiss ini kemudian meninjau pilot plant II penambangan pasir besi di Karangwuni Wates. Di tempat ini rombongan melihat langsung rencana penambangan dan pengolahan.

Manager Operasional PT JMI Satyagraha mengatakan, kedua investor dari Swiss cukup tertarik dengan rencana penambangan dan pengolahan biji besi.

Wakil Bupati Sutedjo mengatakan, selain bandara, juga akan dibangun pelabuhan ikan, kawasan ekonomi khusus, dan beberapa rencana pembangunan lain. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)