Bank infrastruktur jangan dipaksakan

Senin, 20 Februari 2012 - 14:25 WIB
Bank infrastruktur jangan dipaksakan
Bank infrastruktur jangan dipaksakan
A A A
Sindonews.com - Usulan agar segera dibentuk Bank Infrastruktur guna mempercepat pengadaan infrastruktur, tak mendapat respons yang positif dari pemerintah. Pembentukan Lembaga Infrastruktur nonperbankan yang fokus untuk menangani percepatan infrastruktur apapun bentuknya dinilai pemerintah lebih dibutuhkan.

"Menurut saya tidak perlu kita memaksakan diri untuk membuat bank infrastruktur. Yang penting ada lembaga infrastruktur, yang ada kita perkuat lagi," tutur Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Senin (20/2/2012).

Kendati mengakui jika pemerintah sudah mengkaji untuk membentuk suatu lembaga iinfrastruktur, Hatta mengatakan sejauh ini pemerintah belum memutuskan bentuk lembaga tersebut. Ini lantaran pemerintah masih membutuhkan pembahasan lebih detail. "Belum sampai kepada itu (bentuk lembaga-red), yang penting adalah ada pembiayaan untuk infrastruktur. Bentuknya seperti apa? Ya, saya kira tidak perlu perbankan," tegasnya.

Sementara itu Kepala Tim Ekonomi Divisi Perencanaan Strategis PT Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto mengatakan, pendirian bank infrastruktur tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, sektor perbankan umumnya masih sulit untuk membiayai sektor jangka panjang, karena pembiayaan di perbankan masih didominasi pembiayaan jangka pendek.

“Oleh karena itu diharapkan pemerintah harus dapat mendorong bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam melakukan pembiayaan kepada sektor infrastruktur,"pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)