Nestle diminta investasi di luar Jawa

Rabu, 22 Februari 2012 - 16:15 WIB
Nestle diminta investasi di luar Jawa
Nestle diminta investasi di luar Jawa
A A A


Sindonews.com - Produsen makanan dan minuman, PT Nestle Indonesia diharapkan bisa meningkatkan investasi di luar Jawa. Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, investasi itu dilakukan melalui pembangunan pabrik baru.

Dia mengaku, pihaknya telah meminta perwakilan Nestle yakni Executive Vice President Nestle for Asia, Oceania, and Middle East Nandu Nandkishore untuk membangun pabrik yang dekat dengan lokasi bahan baku seperti Bandar Lampung dan Sulawesi.

“Direktur Asia Nestle tadi mengunjungi saya. Dia mengucapkan terima kasih dan lain sebagainya. Lalu dia tanya apa harapan saya. Saya jawab you put factory outside Java. Kalau tidak di Lampung atau Sulawesi. Saya ingin daerah-daerah penghasil bahan baku dekat dengan pabrik,” kata Hidayat di Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Pihak Nestle, lanjutnya, mengatakan akan mempertimbangkan usulan tersebut. “Dia bilang I’m not promise, but I will keep that mind,” ucapnya.

Dia menambahkan, apabila investasi tersebut bisa direalisasikan, maka pihaknya akan berupaya untuk memberikan fasilitas tax allowance kepada Nestle.

Seperti diketahui, Nestle telah merealisasikan investasinya berupa pembangunan pabrik keempat yang senilai USD200 juta di Karawang Timur, Jawa Barat. Rencananya, pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 2,8,8 hektare (ha) itu akan menghasilkan produk olahan susu berupa infant cereal dan chocolate malt drinks dengan kapasitas sebesar 65.000 ton per tahun.

Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Arshad Chaudhry pernah mengatakan, pabrik baru tersebut ditargetkan bisa beroperasi pada kuartal III/2013 mendatang. “Investasi itu guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat atas produk-produk kami. Hal ini juga mencerminkan keyakinan kami atas pesatnya perkembangan perekonomian di Indonesia,” kata Arshad.

Selain di Karawang Timur, Arshad menjelaskan, saat ini, Nestle telah memiliki tiga pabrik lainnya yang berlokasi di Tangerang, Bandar Lampung, dan Pasuruan, Jawa Timur. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)