Antisipasi kenaikan BBM, BUMN siapkan dana BLT

Kamis, 23 Februari 2012 - 17:35 WIB
Antisipasi kenaikan...
Antisipasi kenaikan BBM, BUMN siapkan dana BLT
A A A
Sindonews.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan dibarengi dengan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) kepada masyarakat kurang mampu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan, dana tersebut salah satunya didapat dari dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) BUMN.

"Presiden bilang, ada semacam BLT dari pemerintah (jika ada kenaikan harga BBM subsidi) tapi namanya bukan BLT, mungkin BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat). Ini bentuknya apa masih ada waktu, kita akan tunggu pembahasan dengan DPR paling cepat seminggu lagi, pembahasannya masih ada waktu satu bulan lagi," ungkapnya ketika mengadakan konferensi pers di kantornya, Kamis (23/2/2012).

Dahlan mengatakan, dana-dana CSR yang ada di BUMN masih cukup besar, setoran dividen BUMN ke APBN pemerintah mencapai Rp30 triliun di 2011 lalu. Angka ini lebih banyak dari target APBN tahun lalu sebesar Rp28 triliun sehingga masih ada ruang agar BUMN meningkatkan setoran dividen tersebut.

"Soal penambahan CSR ini, Pak Presiden bilang begini, kita bantu masyarakat miskin ini harus serius, jangan tanggung-tanggung, yang all out," lanjut dia.

Namun, Dahlan berjanji tidak akan ikut campur dalam proses penyaluran CSR maupun, porsi penyaluran CSR dibandingkan laba bersih BUMN karena merupakan hak korporasi. "Kementerian BUMN tidak ikut campur, itu haknya mereka (BUMN), tapi kementerian sekarang akan ikut berkordinasi dan menyarankan," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)