Hatta optimistis APBNP kelar sebelum April

Kamis, 23 Februari 2012 - 19:39 WIB
Hatta optimistis APBNP kelar sebelum April
Hatta optimistis APBNP kelar sebelum April
A A A
Sindonews.com - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terganjal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), membuat beberapa kementerian terkait membahas APBNP guna memuluskan kebijakan tersebut yang ditargetkan selesai sebelum April.

"Hari ini kita menggelar rapat guna memantapkan hasil rapat kabinet kemarin tentang bagaimana kita mempersiapkan APBNP untuk segera disampaikan kepada DPR," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarta, Kamis (23/2/2012).

Hatta menekankan rapat ini untuk memantapkan hasil rapat kabinet, khususnya tentang kenaikan harga BBM dan persiapan APBNP. Dirinya juga optimis bahwa APBNP dapat selesai sebelum 1 April 2012.

Nada optimis tersebut semakin diperkuat, karena menurutnya pembahasan postur APBN-P sudah dibahas dari November 2011 lalu. "Sudah lama kita persiapkan, dari November lalu," tegasnya.

Percepatan pembahasan APBNP ditujukan untuk melangsungkan kebijakan BBM. Walaupun belum bisa disebutkan angka pastinya, Hatta menjanjikan pembahasan tersebut akan segera diselesaikan dan dipublikasikan setelah dibahas dengan DPR.

"Pemerintah sedang mempersiapkan hal itu dan membahas dengan DPR. Kita tidak bisa bilang kenaikan sekarang, lagipula tidak boleh di undang-undangnya. Jadi semua subjek itu di APBNP yang harus kita bahas," jelasnya.

Sedangkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan pemerintah bergerak paralel, seiring dengan Kementerian ESDM ke Komisi VII DPR, Kementerian Keuangan akan ke Komisi XI DPR RI.

"Tanggal 28 Februari Kementerian ESDM ajukan pembahasan dengan Komisi VII, dan minggu pertama Maret kita ajukan ke DPR-RI jika dalam 30 hari itu disahkan (APBN-P 2012) berarti bisa naik," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6248 seconds (0.1#10.140)