Mentan resmikan pasar tani

Sabtu, 25 Februari 2012 - 20:00 WIB
Mentan resmikan pasar tani
Mentan resmikan pasar tani
A A A


Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Suswono meresmikan Pasar Tani di Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Jumat 24 Februari 2012. Pasar ini akan menjadi pusat jual beli produk hasil pertanian.

Suswono mengatakan, gerai Pasar Tani merupakan lokasi transaksi yang memudahkan para petani dan masyarakat. Selain itu, gerai ini juga menjadi salah satu solusi untuk mempermudah para petani menjual langsung hasil pertaniannya kepada konsumen.

“Selama ini, para petani sering dihadapkan dengan kondisi yang sulit. Mereka tidak bisa menetapkan harga untuk setiap hasil pertanian yang diproduksi sendiri. Para pedagang lebih berperan di bagian ini. Akibatnya, para petani tidak bisa menikmati hasilnya,” katanya kemarin.

Mentan mengatakan keberadaan Pasar Tani diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian petani di Kabupaten Garut. Menurut dia, apabila petani dapat menjual hasil taninya dengan harga bagus kepada konsumen tentu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan menjual melalui bandar. “Kadang-kadang petani tidak menikmati harga bagus, karena yang menentukan harga terkadang pedagang,” kata Mentan.

Dia menyebutkan, hingga kini gerai Pasar Tani telah berdiri dan tersebar di 37 kabupaten/kota di 18 provinsi di seluruh Indonesia. Diharapkan, dengan adanya Pasar Tani bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Garut Tatang Hidayat mengatakan, dibangunnya Pasar Tani di Garut merupakan inisiatif para kelompok tani lokal. Awalnya, Pasar Tani dibentuk 2009 dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang petani. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5156 seconds (0.1#10.140)